BisnisDaerahNasional

PT Vale Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di Sumatera

0
×

PT Vale Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di Sumatera

Sebarkan artikel ini
Penyerahan bantuan kemanusian PT Vale Indonesia Tbk untuk korban bencana alam di Sumatera.

LUTIM- Sebagai wujud kepedulian terhadap musibah yang terjadi di sejumlah daerah khususnya, di Sumatera, PT Vale Indonesia Tbk (bagian dari MIND ID) bersama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui program “ESDM Siaga Bencana” menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di Sumatera, Senin (08/12/2025).

Director & Chief Sustainability and Corporate Affairs Officerl PT Vale, Budiawansyah mengatakan bahwa, melalui bantuan tersebut perseoran memperkuat kontribusnya dalam mempercepat pemulihan masyarakat, sekaligus memastikan dukungan kemanusiaan berjalan terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah,  dan sektor industri.

“Bantuan ini adalah wujud kepedulian dan tanggung jawab kami sebagai bagian dari masyarakat. Kami berharap dukungan ini dapat membantu meringankan beban para penyintas dan mempercepat proses pemulihan di wilayah terdampak,” katanya.

“Semangat kolaborasi dalam ‘ESDM Siaga Bencana’ ini membuktikan bahwa penanganan bencana hanya bisa berjalan efektif ketika semua pihak bergerak bersama,” tambah Budiawansyah.

Bantuan yang disalurkan lanjut Budiawansyah, mencakup kebutuhan dasar seperti bahan pangan, perlengkapan higienis, obat-obatan, hingga dukungan logistik lainnya sesuai permintaan posko daerah.

“Mekanisme bantuan ini sejalan dengan nilai-nilai yang menjadi pedoman PT Vale dalam memberikan kontribusi sosial dan menjalankan operasi secara bertanggungjawab,” ujarnya.

Seiring meningkatnya frekuensu bencana hidrometeorologi di Indonesia, kata Budiawansyah, partisipasi PT Vale dalam ekosistem penanggulangan bencana menjadi semakin penting.

“Keterlibatan PT Valw dalam ‘ESDM Siaga Bencana’ menjadi bukti bahwa korporasi dapat memainkan peran signifikan dalam mendukung ketangguhan nasional-mulai dari respin cepat hingga pemulihan jangka panjang,” ucapnya.

Dalam penyalutan bantuan, kata Budiawansyah, selain bekerjasama dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, PT Vale juga bersinergi dengan pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Bantuan disalurkan secara bertahap, yaitu pada 4 dan 6 Desember 2025. Ini dilakukan untuk memastikan dukungan menjangkau masyarakat terdampak dengan cepat dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Tahap pertama, lanjut Budiawansyah, PT Vale menyerahkan bantuan di Posko Bencana Medan yang diterima oleh BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Cabang Dinas ESDM Prov. Sulsel, BPBD Sumatera Utara, serta perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Koordinasi lintas provinsi ini mencermikan respons cepat dan kerjasama multipihak untuk mempercepat alur distribusi bantuan ke wilayah yang paling membutuhkan,” tuturnya.

“Sementara tahap kedua berlangsung pada 6 Desember 2025 di Posko Bantuan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dibawah koordinasin Kementerian ESDM. Titik distribusi nasional ini menjadi pusat pengumpulan dan pengiriman bantuan untuk memperluas jangkauan ke lokasi terdampak di Sumatera,” tambahnya.

Penyerahan bantuan di dua lokasi strategis itu menurut Director & Chief Sustainability and Corporate Affairs Officerl PT Vale, kembali menegaskan komitmen Perseroan untuk hadir pada saat masyarakat membutuhkan.

Kolaborasi antara PT Vale lintas wilayah dan lintas lembaga ini merupakan kunci mempercepat pemulihan pascabencana. Dari satu paket bantuan yang dikirim oleh PT Vale, satu keluarga yang terbantu. Sehingga jarigan kolaborasi yang bergerak-pemulihan adalah perjalanan bersama.

PT Vale Indonesia Tbk akan terus mendukung upaya sebagai bagian dari perjalanan menuju masyarakat yang lebih tangguh dan berdaya saing. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *