Bawaslu Palopo Temukan Ratusan Surat Suara Pilpres dan DPD Rusak

Surat suara pilpres dan DPD saat tiba di KPU Palopo belum lama ini.

PALOPO – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan pengawasan ketat terhadap penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Media Center KPU Palopo. Dalam pengawasan itu ditemukan ratusan surat suara dalam kondisi rusak.

“Yang rusak (sobek, buram dan bernoda) sebanyak 205,” kata ketua Bawaslu Palopo Khaerana, Jumat (12/1/2024).

Selain surat suara yang rusak, ditemukan juga kekurangan surat suara calon presiden dan wakil presiden serta Dewan Perwakilan Daerah.

“Surat suara Presiden dan wakil presiden kekurangan sebanyak 924. Sedangkan untuk Surat Suara DPD kekurangan sebanyak 41, rusak sebanyak 194,” ungkapnya.

Dari temuan tersebut, Bawaslu Palopo kemudian mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo terkait temuan tersebut.

“Berdasarkan hasil pengawasan tersebut Bawaslu Kota Palopo menghimbau langsung Ke KPU Palopo untuk melaporkan dan membuat permintaan terkait kekurangan surat suara tersebut,” tandasnya.

Diketahui Pengawasan penyortiran dan pelipatan surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden beserta DPD RI itu dimulai sejak 8 hingga 11 Januari 2024 pukul 23.59 Wita.

Sebelumnya KPU Kota Palopo menerima surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta surat suara DPD dan suarat suara PSU yang diterima KPU sebanyak 267.870 surat suara. (*)