Di HUT Palopo, Plt Gubernur Sulsel Sebut Telah Gelontorkan Rp720 Miliar ke Luwu Raya

  • Whatsapp

PALOPO – Pemerintah kota Palopo menggelar rapat paripurna peringatan HUT Palopo yang ke-19 di lantai II kantor walikota, Jumat (2/7/2021).

Kegiatan yang digelar secara sederhana ini dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Andi Sudirman mengatakan bahwa pihaknya tetap komitmen untuk melaksanakan visi misi di periode tahun 2018-2023. Termasuk komitmen membangun Luwu Raya (Palopo, Luwu, Lutra dan Lutim).

“Tadi saya catat-catat, ini mungkin yang menjadi informasi kepada yang hadir di sini. Saya hitung-hitung dari tahun 2019 – 2021 pemprov Sulsel sudah menggelontorkan Rp720 miliar untuk Luwu Raya. Ini luar biasa,” katanya.

Andi Sudirman menyebut jika Palopo terus dibangun dan menjadi sentra barang dan jasa maka semuanya akan ke Palopo.

“Saya juga sudah mengajukan proposal bagaimana Palopo ini menjadi wilayah strategis, sehingga dapat menjadi penghubung untuk Luwu Raya di bidang transportasi menuju Makassar New Port,” jelas dia.

“Dan nanti Pelindo yang akan masuk, fungsi dari masuknya Pelindo, nanti untuk distribusi barang dan jasa,” sambungnya.

Diketahui, beberapa program pembangunan yang saat ini telah masuk di Luwu Raya diantaranya pembangunan akses Walenrang – Saddang Toraja Utara dengan anggaran Rp85 M. Kemudian akses Bua – Bastem – Rantepao sebesar Rp200 M.

Juga ada pembangunan akses Luwu Timur menghubungkan Sulteng dan Lutra senilai Rp87 M. Termasuk bantuan pelebaran Jalan Kadundung Bone Posi-Ulusalu (Kec.Latimojong) : Rp25 M serta pengembangan lahan bandara Bua Rp18 M. Juga ada betonisasi jalan masuk pelabuhan Munte Rp22 M dan lainnya.

Sementara itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir menyampaikan bahwa tema yang diusung, dalam peringatan HUT Kota Palopo kali ini adalah ” Tangguh Dalam Kebersamaan.

“Tema ini dipilh atas dasar kesadaran kita, bahwa ketangguhan dengan semangat kebersamaan, adalah syarat utama untuk sukses dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, sebagai bentuk konsisitensi dalam mewujudkan visi Kota Palopo, yakni “Maju, Inovatif Dan Berkelanjutan,” sebutnya.

“Saya berharap agar tema ini dapat dimaknai sebagai tekad dan semangat yang tangguh bagi segenap jajaran Pemerintah Kota Palopo, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk secara bersama bahu-membahu membangun daerah,” tambahnya. (asm)







Pos terkait