AMM Palopo Gelar Arisan Pemikiran, Imam Pribadi : Agama dan Politik tak Bisa Dipisahkan

  • Whatsapp
Penyerahan piagam penghargaan oleh Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo, Alamsyah Pratama kepada narasumber, Imam Pribadi.
4

PALOPO — Angkatan Muda Muhammdiyah (AMM) Kota Palopo menggelar Arisan Pemikiran dengan tema “Muhammadiyah, dan Politik Islam” di Masjid Nurul Ilmi Universitas Muhammadiyah Kota Palopo (UM Palopo) Rabu (18/11/2020).

Nurhayati selaku Ketua Nasyiatul Asiyiyah menjelaskan bahwa Arisan pemikiran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh AMM Kota Palopo setiap bulan.

Bacaan Lainnya

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai penambah khasanah keilmuan bagi kader-kader Muhammdiyah baik bidang keagamaan maupun membahas isu-isu sentral yang sedang terjadi di skala lokal Kota Palopo maupun pada tingkat Nasional,” tutur Nurjayati.

Arisan Pemikiran kali ini menghadirkan dua narasumber yaitu Imam Pribadi, Dekan Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo (FKIP UM Palopo) serta Ibrahim Halim yang merupakan Sekertaris Lembaga Studi Al Islam ke-Muhammadiyah-an UM Palopo (Lembaga Studi AIK UM Palopo).

Imam Pribadi dalam pemaparan materinya menjelaskan hubungan antara agama dan politik itu tidak dapat dipisahkan. Karena agama itu sifatnya menyentuh seluruh aspek dalam kehidupan manusia.

“Relasi agama, dan politik adalah suatu keniscayaan, yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Namun kita harus mampu membedakan yang mana yang namanya politik islam, dan yang mana yang namanya islam politik. Politik islam yaitu politik yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama islam, sedangkan islam politik menurut Muhammad Iqbal adalah pihak-pihak yang mengatas namakan islam demi kepentingan politik,” paparnya.

Sementara itu, Ibrahim Halim dalam materinya menjelaskan tentang cakupan ilmu dalam agama yang tidak hanya berfokus pada persoalan dakwah namun juga tentang tatanan kehidupan manusia termasuk politik.

“Islam itu mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Politik merupakan salah satu aktivitas dalam berdakwah. Maka dari itu sebagai ummat islam kita harus memandang bahwa politik ini penting. Karena jika kekuasaan politik itu berada di tangan yang salah, tentu bisa berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat kedepannya,” paparnya. Arisan Pemikiran AMM Kota Palopo ini diikuti oleh kader AMM se-Kota Palopo yaitu Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) serta perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palopo (PDM Kota Palopo) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Palopo.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo Alamsyah Pratama kepada kedua narasumber. (rls)



Pos terkait