Anggota DPR RI Sarce Bandaso Kunjungi Perumda TM Palopo

PALOPO — Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Sarce Bandaso Tandiasik, SH, MH mengunjungi Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo dalam rangka Kunjungan Kerja Sekali Setahun, Jumat (10/06/2022).

Kunjungan Sarce bersama rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama M. Tawakkal dan Direktur Operasional H. Hamid SN. Tawakkal langsung mengajak Sarce untuk melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan air di Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Tawakkal menjelaskan, sebelum digunakan, air terlebih dahulu harus melalui proses pengolahan dari air baku hingga menjadi air bersih yang layak dan aman sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualiatas Air Minum.

Dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kota Palopo yang layak dan aman, pemerintah daerah menyediakan sarana Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) yang dikelola dalam bentuk BUMD Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo (PAM) Tirta Mangkaluku Kota Palopo.

Salah satu IPAM yang berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan air minum di Kota Palopo ialah IPAM 1 Abd. Madjid yang sumber air bakunya berasal dari Sungai Mangkaluku dan Sungai Latuppa dengan total kapasitas produksi air 340 L/detik.

Secara umum proses pengolahan air di IPAM 1 Abd. Madjid sebelum didistribusikan kepelanggan dimulai dari proses penyadapan air pada intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, dan desinfeksi. Sedangkan, kualitas air baku rata-rata masih melebihi baku mutu sehingga perlu dilakukan proses pengolahan. Pada kualitas air produksi dan distribusi sebagian besar parameter sudah memenuhi syarat baku mutu, namun pada parameter kekeruhan dan pH terkadang masih belum memenuhi syarat.

Sementara itu, Sarce mengucapkan terimakasih kepada Perumda TM Palopo yang telah menyambutnya dengan baik dan melihat langsung proses pengolahan air baku sehingga layak di distribusikan ke pelangga.n. (*)











Pos terkait