Berkunjung ke PT BMS, Jusuf Kalla Pastikan Pengrekrutan Tenaga Kerja Pabrik Smelter Miliknya Mayoritas Penduduk Lokal

Berkunjung ke Parik Smalter PT Bumi Mineral Sulawesi (PT BMS) di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Jusuf Kala pastikan pengrekrutan tenaga kerja di perusahaan miliknya lebih mengutamakan penduduk lokal, Rabu (22/02/2023).

Luwu – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berkunjung ke Site PT Bumi Mineral Sulawesi (PT BMS) di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Rabu (22/02/2023).

Kedatangan Jusuf Kalla yang akrab disapa pak JK dalam rangka berkunjung dan meninjau progres pembangunan perusahaan smelter di PT BMS. Di samping itu JK juga memastikan agar perekrutan tenaga kerja betul-betul memprioritaskan masyarakat lokal yang telah dilatih dan dibekali dengan keterampilan dan keahlian.

Bacaan Lainnya

“Tenaga kerja di perusahaan ini sudah hampir mencapai 1000 orang dan mayoritas sekitar 70 % merupakan masyarakat lokal,” katanya.

“Meski ada orang asing tapi jumlahnya sangat kecil yaitu sekitar 24 orang, yang bertugas untuk memasang atau instalasi peralatan yang perusahaan beli,” tambah JK.

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla yang didampingi oleh Forkopinda Kabupatem Luwu melakukan peninjauan pabrik dan terminal khusus yang  melewati akses hauling PT BMS.

“Target perusahaan, akhir tahun ini jetty atau terminal khusus perusahaan sudah rampung dan perusahaan sudah bisa produksi dan menghasilkan ferro nikel dan nikel sulfat,” ungkap Jusuf Kalla.

Bupati Luwu Basmin Mattayang, mengungkapkan bahwa sejauh ini Pemda Luwu telah membentuk Satgas Percepatan Investasi untuk memperlancar pembangunan semua perusahaan di Luwu.

“Tidak boleh ada pihak yang menghambat investasi sebagaimana amanah Presiden. Selaku Kepala Daerah pemegang mandat masyarakat, harapannya dengan keberadaan PT. BMS mampu mendukung kesejahteraan masyarakat. Pemda Luwu akan membuat pelatihan skill kepada calon tenaga kerja yang ingin bekerja di PT BMS, begitu juga dalam perekrutannya nanti melalui Disnaker Kabupatrn Luwu”, ujarnya.

Sementara itu Kapolres Luwu AKBP Arisandi, mengatakan bahwa PT BMS sudah berkomitmen untuk membangun daerah Luwu yang secara otomatis akan memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya yakin taraf kehidupan masyarakat akan meningkat dan pengangguran akan berkurang sehingga kejahatan-kejahatan dengan motif ekonomi seperti pencurian semoga juga akan turun. Oleh karena itu mari kita dukung dan amankan investasi yang ada di wilayah kita,” ujar AKBP Arisandi.

Turut mendampingi kunjungan pak JK, yaitu Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. Apriadi Nidjo, Site Manager PT. BMS Zulkarnaen, Kadisnaker Saiful Abdul Latif, Kepala Bappelitbangda Moh. Arsal Arsyad, Kepala Bapenda Andi Palanggi, serta Camat Bua H. Satti A. Latif. (rls/fit)































Pos terkait