Bupati Kutai Timur Buka Pekan Raya Expo 2023

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman.

RITMEE – Pekan Raya Expo 2023 dalam rangka hari jadi Kabupaten Kutai Timur ke 24 digelar di Gedung Graha Expo Kutai Timur di Kota Sangatta. Bupati Kutai Timur Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M. Si  berkesempatan secara resmi membuka pekan raya Expo di hadapan para tamu undangan serta masyarakat yang ikut menyaksikan pembukaan expo 2023, senin (23/10/2023).

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama sepekan ini diikuti lebih dari 111 stand dari berbagai kalangan. Diantaranya instansi vertikal ada 2 organisasi, selanjutnya organisasi perangkat daerah Badan dan Dinas ada 37 stand selanjutnya Kecamatan ada 18 stand, perusahaan swasta ada 5 stand, BUMD dan perbankan ada 2 stand, selanjutnya otomotif ada 2 stand, UMKM ada 45 stand.

Bacaan Lainnya

Bupati membuka Pekan Raya Expo 2023 dengan membacakan tema Expo yaitu “Perkuat ekonomi kerakyatan bersatu membangun Kutai Timur sejahterah untuk semua”.

Bupati berharap bahwa dalam usia Kabupaten Kutai Timur ini,  Kutai Timur akan terus maju, Kutai Timur akan terus berkembang, Kutai Timur akan terus memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya, Kutai Timur akan terus dibangun berdasarkan rencana-rencana pembangunan yang telah pemerintah siapkan, RPJP pertama tahun 2000 – 2025 Insya Allah tidak lama lagi berakhir dengan grand desainnya adalah agrobisis dan agro indsturi, ujar Bupati.

Ucapan syukur juga disampaikan oleh Bupati atas pencapaian terkait RPJP pertama Kutai Timur yang dibuktikan dengan akan beroperasinya kawasan ekonomi Maloy sebagai salah satu wilayah yang di kembangkan industri Kutai Timur yang bersumber pada pertanian dalam arti luas.

Bupati yakin bahwa capaian terkait industri yang bersumber dari pertanian dalam arti luas akan dilalui dengan baik. Saat ini kawasan ekonomi Maloy sudah berada sebuah perusaan yaitu PT. Palma Serasi Indonesia yang akan siap membangun industri hilir atau industri turunan dari kelapa sawit, dan berikutnya sudah menunggu 2 industri kelapa sawit yaitu Bio diesel dan margarin

“Ada beberapa investor yang ingin masuk kedalamnya termasuk investor dari luar negeri yang ingin masuk. Komunikasi baik juga telah terjalin antara provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Timur dengan mengikutsertakan kajian tehnik dari Universita Mulawarman. Pertemuan segitiga itu diyakini bahwa kawasan  ini yang nantinya akan menjadi satu episode pertama pembangunan jangka panjang 25 tahun Kabupaten Kutai Timur”.

“hal menarik di sisi lain ternyata investasi Kutai Timur cukup tinggi, seperti tahun ini Kutai Timur menargetkan 13 triliun baik BMA maupun PMDN pada triwulan pertama sudah tercapai 5.9 triliun. Dan ini merupakan satu percepatan yang luar biasa. Bupati meyakini bahwa capaian ini belum termasuk PT. Kobexindo Semen yang yang nilai investasinya Rp 15 triliun.

“Oleh karenanya, dengan melihat kemampuan Kabupaten Kutai Timur memberikan peluang kepada para dunia usaha, Pemerintah berharap ada multiplayer efek yang berkembang di dalamnya kepada semua organisasi perangkat daerah yang link perusahaan ada di OPD-OPD masing-masing untuk dapat memberikan masukan kepada perusahaan tersebut, bahwa percepatan ekonomi Kutai Timur akan lebih cepat lagi mana kala di wilayah setempat ada keikutsertaan masyarakat di dalamnya sebagai salah rangkaian dari pada multiplayer efek dari investasi tersebut. Dan inilah yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Bupati menutup pidato dengan mengajak seluruh mayarakat yang memiliki keinginan  untuk membangun bisnis, apakah itu kuliner, ekonomi kreatif atau wisata ayo siapkan dari sekarang dalam rangka membangun Kutai Timur lebih maju ” Meskipun aku pergi jauh aku akan kembali ke Kutai Timur,” tutup Bupati. (adv/asm)































Pos terkait