Bupati Lutra Launching Inovasi Pildacil Desa

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani melaunching inovasi Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Desa/Kelurahan (Pildacil Desa/kelurahan) se-Kabupaten Luwu Utara, Selasa 18 Oktober 2022 di Kantor Desa Lapapa Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

LUTRA — Bupati Lutra, Indah Putri Indriani melaunching inovasi Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Desa/Kelurahan (Pildacil Desa/kelurahan) se-Kabupaten Luwu Utara, Selasa 18 Oktober 2022 di Kantor Desa Lapapa Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

“Hari ini masih kita ketemukan masyarakat kita yang belum memiliki dokumen kependudukan dan ini menjadi tanggungjawab kita. Sekarang pemerintah mengupayakan supaya persoalaan Kependudukan ini tuntas karena kita ketahui bahwa tidak ada satupun program kegiatan hari ini Terutama yang berkaitan dengan masyarakat yang tidak berbasis dengan data kependudukan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Indah menyebut, kebutuhan dokumen kependudukan sangat penting menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Prinsipnya adalah bagaimana mendekatkan pelayanan kepada masyarakat saya berharap tidak ada diantara kita yang tidak peduli, Kalau pemerintah sehat pasti ingin pelayanan itu sampai kepada masyarakat dan yang pastinya masyarakatnya juga terlayani dengan baik.

“Kita berharap bahwa melalui kegiatan Pildacil yang di Launching melalui disdukcapil hari ini pelayanan data kependudukan bisa kita tuntaskan. Kita berharap bukan hanya 8 Kecamatan tapi semua kecamatan bisa melakukan program Pildacil ini terkait daerah yang belum memiliki jaringan kita sudah komunikasikan dengan pihak telkom jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menerapkan layanan berbasis digital,” katanya.

“Kita berharap semuanya betul-betul dapat mengeksekusi Pildacil ini di desa dan kelurahan dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Intinya adalah kita hadir di sini dengan semangat yang sama , semangat bagaimana layanan kepada masyarakat bisa kita selesaikan,” jelasnya.

“Kita mengapresiasi inovasi yang dilakukan dan yang tidak kalah pentingnya setelah kita rapikan data kependudukannya ini tidak berhenti sampai disitu tapi datanya bisa kita bagi pakai untuk akses data di dinas-dinas
⁃ Saya sangat berharap bahwa apa yang kita lakukan hari ini tidak berhenti di launching ini tetapi betul-betul dapat digunakan dalam rangka penuntasan persoalan dokumen data kependudukan masyarakat yang ada di wilayah Luwu Utara. Dengan Inovasi ini kita berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama tidak ada satupun warga atau penduduk yang ada di wilayah luwu utara belum atau tidak memiliki dokumen kependudukan,” tandas Indah.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Luwu Utara, Nakicah dalam laporannya menyampaikan kondisi Kabupaten Luwu Utara dan jarak tempuh ke kota-kabupaten ada yang jauh dan sangat sulit sehingga banyak masyarakat mengalami kesulitan untuk menjangkau ibukota kabupaten dan dengan dukcapil go digital seiring perkembangan teknologi hampir seluruh wilayah Kabupaten Luwu utara bisa di akses oleh internet sehingga Disdukcapil melakukan inovasi untuk percepatan pelayanan dokumen pendudukan dan Pencatatan sipil melalui akses WA.

“Memberikan kemudahan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah ,cepat ,gratis bebas ,Pungli atau calo’.  Ada 8 Kecamatan dan 98 desa yang siap melaksanakan Pilkadacil yaitu kecamatan Masamba 13 desa, kecamatan Baebunta 11 Desa, kecamatan Tanlili 10 desa, kecamatan Sukamaju Selatan 11 desa, kecamatan Sukamaju 14 Desa, kecamatan Malangke Barat 13 Desa , kecamatan Malangke 14 Desa dan kecamatan Sabbang selatan 10 Desa,” bebernya.

“Setelah launching hari ini akan ada pertemuan atau orientasi dengan petugas pildacil desa kelurahan dan agar pelaksanaannya bisa maksimal dan berjalan dengan lancar. Dengan inovasi ini masyarakat tidak perlu lagi ke kantor Dukcapil untuk mengurus dokumen Kartu keluarga dan akte kelahiran yang setiap saat cukup di kantor desa atau kelurahan masing-masing,” tutupnya. (*)

 











Pos terkait