Bupati Luwu Lepas Pemberangkatan 286 Jemaah Calon Haji

Bupati Luwu, Basmin Mattayang secara resmi melepas keberangkatan 286 Jemaah Calon Haji (JCH). Pemberangkatan itu dilakasanakan di rumah jabatan Bupati Luwu, di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Rabu (31/05/2023). (Ft/Andi Fitria Kambau)

BELOPA—Bupati Luwu, Basmin Mattayang secara resmi melepas keberangkatan 286 Jemaah Calon Haji (JCH). Pemberangkatan itu dilakasanakan di rumah jabatan Bupati Luwu, di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Rabu (31/05/2023).

Basmin Mattayang dalam sambutannya mengatakan, menyampaikan ucapan selamat jalan dan meminta kepada para JCH agar terus saling berkoordinasi serta salaing memperhatikan satu sama lainnya.

Bacaan Lainnya

“Berangkat dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas kepada Allah SWT. Semoha selama menunaikan ibadah rukun islam yang kelima ini selalu dalam lindungan-Nya,” katanya.

“Saling menjaga dan mengingatkan, semoga berangkat dan kembali ke kampong halaman dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kurang satu apapun,” tambah Bupati Luwu.

Selain itu, Bupati Luwu juga mengingatkan para jemaah agar senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat serta karuniaNya.

“Kita patut bersyukur atas nikmat iman, nikmat kesehatan, nikmat kesempatan dan nikmat atas rejeki yang diberikan oleh Allah SWT sehingga dapat melaksanakan ibadah haji tahun ini,” tuturnya.

Terakhir Basmin Mattayang menyampaikan pesan agar tawakkal kepada Allah, SWT terutama dalam menjalani setiap tahapan ibadah haji selama di Mekkah.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Luwu, Drs. H. Nurul Haq, MH, dalam laporannya menjelaskan ada 286 Jamaah Calon Haji Kabupaten Luwu yang akan berangkat tahun ini.

“Ada 286 jamaah kita tahun ini yang akan berangkat ke tanah suci, 95 jamaah laki-laki dan 191 perempuan dan 16 jamaah di antaranya jemaah lansia,” katanya.

“Mahasing Bin Pandu dari Cimpu Kec. Suli adalah jamaah tertua dengan usia 100 tahun 5 bulan, sedangkan Sartika Binti Martang dari Riwang Selatan Kec. Larompong menjadi jamaah termuda dengan usia 27 tahun 11 bulan.” Lanjutnya.

JCH Kabupaten Luwu yang berangkat tahun ini menunggu selama 11 tahun dengan biaya umum sebesar Rp.98 juta rupiah, setelah mendapat subsidi dari Badan Pengelola Haji Indonesia maka total biaya yang dikeluarkan oleh setiap JCH ada senilai Rp.52 juta.

Prosesi pelepasan dan pemberangkatan JCH Kabupaten Luwu dimulai sejak Pukul 01.00 Wita. Keluarga para jemaah yang turut mengantar dan menyaksikan keberangkatan JCH memadati rumah jabatan Bupati Luwu.

Hal ini memaksa aparat keamanan dari TNI-Polri dan Satpol PP harus bekerja keras agar keberangkatan JCH Kabupaten Luwu menuju asrama haji Sudiang Makassar berjalan tertib dan lancar

JCH Kabupaten Luwu tergabung dalam kloter 12, gelombang pertama bersama Kabupaten Gowa yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Makassar. Rencananya JCH Kabupaten Luwu akan diterima di asrama Haji Sudiang pada pukul 20.00 Wita.

Tim medis dari Dinas Kesehatan, RSUD Batara Guru dan PSC 119 juga turut diturunkan untuk menangani kesehatan para JCH. (rls/fit)































Pos terkait