CATATAN Arham Basmin : Ideologi Pancasila Alat Pemersatu Bangsa

  • Whatsapp
4

PANCASILA dilahirkan pada 1 Juni 1945 oleh Presiden Soekarno yang merupakan penggagasnya. Bangsa Indonesia mengenal 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila yang dilahirkan oleh Jendral Soeharto dalam rangka melakukan kelanjutan kepada pemerintahan Presiden Soekarno. Pancasila mempunyai kesaktian yang tidak bisa digantikan oleh paham apapun.

Kesaktian Pancasila terbukti ketika bangsa Indonesia melakukan perlawanan atas pemberontakan dan usaha perebutan kekuasaan yang digawangi oleh PKI. Dimana saat itu, Gerakan yang dikenal 30 September 1965, ingin mengubah ideologi Pancasila bangsa Indonesia menjadi ideologi komunis.

Bacaan Lainnya

Pancasila mempunyai peran yang sangat penting bagi generasi muda yaitu
sebagai hal yang fundamental bahkan bisa dikatakan sebagai jalan serta tujuan masa depan kita sebagai anak bangsa.

Pancasila juga berperan untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang mencakup politik, ekonomi, sosial budaya, keagamaan dan keamanan.

Bagi anak muda milenial yang hidup di zaman ini, tentu saja sudah seharusnya memaknai Pancasila sebagai alat pemersatu dan alat perekat dari seluruh elemen bangsa yang berbeda-beda dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kita masing-masing.

Bagaimana kita menghargai dan menghormati agama,keyakinan, kepercayaan serta pendapat orang, baik itu suku, budaya, dan lainnya, karena bangsa Indonesia sangat kaya akan keragaman suku, budaya hingga bahasa.

Yang menjadi tugas kita bersama yaitu, bagaimana menjaga agar Pancasila bisa tetap utuh, bisa tetap melekat di hati dan pikiran utamanya generasi muda. Bagaimana cara kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara, yang harus tetap kritis tetapi solutif dan objektif.

Bagaimana kita memastikan diri untuk terlibat dalam pengambilan-pengambilan keputusan misalnya ikut dalam pemilu dan yang lainnya.

Pesan saya sebagai anak bangsa, hentikan perdebatan, dan pertanyaan tentang siapa pencetus G30 S PKI, dan yang harus kita yakini, momentum hari kesaktian pancasila adalah momentum move on untuk menata dan menatap masa depan yang lebih baik.

Pancasila sebagai dasar negara kita, punya kesaktian yang tidak akan pernah bisa digantikan oleh paham apapun, tidak akan pernah bisa dirusak oleh pihak manapun.

HA Muh. Arham Basmin S, Sos, MM.
Ketua DPD KNPI Sulsel





Pos terkait