Danyon D Pelopor bersama Jajaran mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 di Mapolres Lutra

Danyon D Pelopor Satbrimobda Sulsel menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 yang dilaksanakan secara virtual dan visual di Mapolres Luwu Utara, Selasa (05/07/2022). (Ft/Andi Fitria Kambau).

MASAMBA— Komandan Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel, Kompol Muhammad Agus beserta jajaran menghadiri upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke 76 yang jatuh pada 1 Juli lalu diperingati secara visual dipusatkan di Akademi Kepolisian, Semarang, Provinsi Jawa Tengah dan iikuti oleh seluruh koprs kepolisian se indonesia secara virtual, Selasa (05/07/2022).

Pada upacara peringatan hari Bhayangkara ke 76 yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu mengambil tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural  untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” .

Bacaan Lainnya

“Hari Bhayangkara merupakan hari Kepolisian Nasional yang diambil dari momentum turunnya peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946, dan nama Bhayangkara yang disematkan pada anggota polri merupakan istilah yang digunakan oleh Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan yang betugas menjaga raja dan kerajaan pada zaman itu,” kata Danyon D Pelopor Satbrimobda Sulsel, Kompol Muhammad Agus.

“Koprs kepolisian sudah berlangsung sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1897 hingga 1920, yang membentuk kepolisian modern dan menjadi cikal bakal terbentuknya polri,” tambahnya.

Sementara, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Hari Bhayangkara ke 76, dalam amanatnya menghimbau seluruh jajaran Polri agar bekerja secara hati-hati dengan presisi, karena setiap kecerobohan sekecil apapun dilapangan bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri

“Dalam sebuah pemberitaan, 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi presisi, tapi ingat ada 28,6 persen menyatakan belum selesai. Seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri,” kata Jokowi

Menurutnya, Kewenangan Polri sangat besar, Organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan rakyat.

“Dimanapun bertugas anggota Polri selalu dalam pengamatan rakyat dan selalu dalam penilaian. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat atau tidak. Olehnya itu dibutuhkan kerja yang professional dalam mengayomi, menjaga dan melindungi masyarakat,” tutup Jokowi.

Usai upacara secara virtual, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan syukuran Hari Bhayangkara ke 76 . Khusus di Luwu Raya, syukuran tersebut dilaksanakan di 4 Resor Kepolisian yakni, Polres Palopo yang dipimpin olah AKBP Muh. Yusuf Usman, Polres Luwu dipimpin oleh AKBP Fajar Dani Susanto, Polres Lutra dipimpin oleh AKBP Alfian Nurnas, Polres Luwu Timur dipimpin oleh AKPB Silvester Simamora. (fit)











Pos terkait