Dinas PUPR Palopo Gelar Bimtek SMKK

PALOPO — Balai jasa konstruksi wilayah VI sulsel PUPR bekerjasama Dinas PUPR Palopo menggelar bimbingan teknis (Bimtek) sistem manajemen keselamatan konstruksi (SMKK), selasa (15/11/22).

Bimtek SMKK berlangsung di hotel Value. Jumlah peserta yang tergabung sebanyak 50 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala dinas PUPR Palopo Harianto saat membuka kegiatan itu, menyampaikan, pemerintah kota Palopo sangat mensupport kegiatan ini, karena itu, guna menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja pada pekerjaan konstruksi sebagaimana diamanatkan dalam PU No 21/PRT/M/2021 tentang pedoman pelaksanaan SMKK.

“Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah kota untuk mewujudkan sistem manajemen keselamatan konstruksi dan memberikan pemahaman dan pengetahuan cara mengelola infrastruktur instrumentasi kerja dan lain-lain sampai kepada pemanfaatan infrastruktur terbangun,” ucap kadis PUPR Palopo.

Kadis PUPR juga mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu elemen penting karena para peserta tersebut akan mendapatkan sertifikat, sertifikat K3 ini sangat di butuhkan dalam dokumen penawaran.

“Kegiatan ini diharapkan berkontribusi positif dalam menjawab tantangan dan menciptakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja konstruksi, khususnya di kita Palopo, Pentingnya sertifikat keselamatan konstruksi dalam dunia konstruksi dan kegiatan di pantau langsung oleh pengawas Kementerian PUPR sehingga hanya peserta yang cakap yang nantinya akan mendapatkan sertifikat,” tandasnya.

Terpisah, Andi ichsan SH balai jasa konstruksi Wilayah VI sulsel, menjelaskan, bahwa melalui Bimtek ini materi dari pembahasan bimtek tersebut sudah di tentukan langsung dari pusat dengan 9 modol materi yang di paparkan.

“Seluruh peserta ini kita rekrut dari penyedia jasa, baik dari kontraktor atau konsultan dan juga dari pengguna jasa dari ASN yang bekerja di bidang kontruksi terkait manajemen keselamatan konstruksi,” jelasnya.

Sasaran kegiatan ini lanjutnya, merupakan peserta yang bekerja di bidang konstruksi. Mereka akan mendapatkan pelatihan selama 5 hari ke depan, mulai hari Selasa 16 november hingga 20 November 2022

“Di akhir kegiatan para peserta akan di lepas langsung ke lokasi proyek guna mengimplementasi skil ketarampilan dalam manajemen keselamatan konstruksi di lokasi proyek yang sudah di tentukan oleh dinas PUPR Palopo,” tandasnya. (*)











Pos terkait