Diserang Teroris Papua, Suster Asal Tana Toraja Ditemukan Selamat di Jurang, Satu Rekannya Tewas

Kondisi Kristina Sampe Tonapa saat dievakuasi Tim Gabungan setelah diserang teroris Papua.

PAPUA — Petugas gabungan berhasil menemukan dua orang tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua yang sempat hilang saat diserang kelompok kriminal bersenjata ( KKB ), Rabu (15/09/2021) kemarin.

Keduanya adalah Kristina Sampe Tonapa, suster asal Tana Toraja serta rekannya Gabriela Meilan. Kristina ditemukan dengan kondisi kritis sementara Gabriela sudah meninggal dunia. Tubuh kedua suster ini penuh dengan luka. Keduanya ditemukan dalam jurang dengan kedalaman puluhan meter karena melompat untuk menyelamatkan diri dari para penyerangnya.

Bacaan Lainnya

“Rabu (15/9/2021) pukul 15.30 WIT, bertempat di Distrik Kiwirok, telah ditemukan dua orang tenaga medis yang hilang pasca-penyerangan oleh KKB,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui rilis, Kamis (16/9/2021) dikutip dari Kompas.com.

“Pukul 16.30 WIT, personel gabungan tiba di lokasi terlemparnya kedua korban, dan ditemukan korban Kristina Sampe Tonapa dalam keadaan hidup, sementara untuk korban lain bernama Gabriela Meilan dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kamal.

Dalam proses evakuasi, aparat gabungan baru bisa mengevakuasi Kristina karena terkendala cuaca. Suster Kristina kemudian dibawa ke Pos Pamtas 403/WP untuk mendapatkan perawatan. Sementara jenazah Gabriela baru akan dievakuasi.

Selain membakar Puskesmas, teroris Papua juga menyerang tenaga kesehatan yang bertugas. Satu dokter dan satu suster sudah ditemukan terlebih dahulu. Dua suster sisanya baru ditemukan Rabu di jurang 30 meter dengan kondisi satu selamat dan satu meninggal dunia. (*/adn)



Pos terkait