Dispertanakbun Palopo Maksimalkan Pemanfaatan Lahan Kosong

  • Whatsapp
Warga bersama penyuluh di Dispertanakbun memaksimalkan lahan kosong untuk menanam sayur di kelurahan Sendana, kota Palopo, Jumat (14/2/2020).

PALOPO — Pemerintah kota Palopo melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) kota Palopo mengimbau kepada masyarakat untuk memaksimalkan lahan kosong dengan menanam berbagai jenis sayur.

Salah satu contoh yang diperlihatkan Dispertanakbun ialah dengan menanam sayur di pinggir jalan sepanjang Jl Yogi S Memed kelurahan Sendana. Selain pinggir jalan, pematang sawah juga ditanami sayur mayur.

Bacaan Lainnya

plt Kepala Dispertanakbun, Andi Bakhtiar mengatakan pihaknya bersama penyuluh pertanian memaksimalkan lahan tersebut dengan menanam beberapa jenis tanaman sayur antara lain terong, cabe, kacang panjang , bayam , sawi dan timun.

“Penanaman ini melibatkan kelompok wanita tani, petani padi sawah, penyuluh dan Dinas Pertanian kota Palopo. Kegiatan-kegiatan di bidang pertanian ini dikawal oleh ujung tombaknya, yaitu Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai “guru garis depan” bersama-sama dengan masyarakat,” katanya.

Andi Baktiar menjelaskan, dengan pemanfaatan lahan kosong termasuk pematang sawah akan menambah pendapatan masyarakat setempat.

“Pemanfaatan oleh masyarakat ini juga terus diberikan penyuluhan dan bimbingan kepada para petani sehingga hasilnya bisa optimal dan berhasil dengan baik. Hal itu sejalan dengan pesan Walikota Palopo untuk selalu mencari inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat kota Palopo,” pungkasnya. (asm)

Pos terkait