Empat Kali Ibra Azhari Ditangkap Polisi, Ini Pemicu Susah Lepas dari Jerat Narkoba

  • Whatsapp

JAKARTA – Ibra Azhari kembali ditangkap polisi lantaran kasus narkoba. Terhitung, sudah empat kali Ibra Azhari terjerat kasus yang sama.

“Ya, Benar (Ditangkap). Sabu, tunggu informasi lebih lanjut,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Herry Heryawan, seperti dikutip dari detikcom, Senin (23/12/2019).

Bacaan Lainnya

Kambuh setelah periode rehabilitasi sayangnya adalah hal yang kerap kali terjadi. Kira-kira 50 persen pecandu yang sembuh mengalami relaps atau kambuh sehingga kembali kecanduan narkoba atau alkohol.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu kekambuhan. Dilansir dari Addiction Center, banyak mantan pecandu yang sering kembali ke lingkungan tempat mereka pernah menggunakan narkoba.

Orang, tempat, dan hal tertentu dari masa lalu dapat membawa ingatan yang mendorong kekambuhan. Risiko kambuh dapat dipengaruhi oleh durasi kecanduan, misalnya seseorang yang dalam pemulihan dari alkohol jangka panjang memiliki risiko lebih besar untuk kambuh daripada mereka yang baru mengonsumsi alkohol kurang dari setahun.

Pemicu kekambuhan biasanya adalah pikiran, perasaan, situasi, bau, bahkan lagu yang mengingatkan seseorang untuk kembali menggunakan narkoba.

Meski demikian, tidak semua mantan pecandu akan mengalami kekambuhan. Dengan mekanisme rehabilitasi dan koping sehat serta tekad yang kuat, pemicu kekambuhan dapat dihadapi dan dihindari. (*)









Pos terkait