Hardiknas 2024, Pemkab Luwu Berikan Penghargaan Untuk Sekolah Berprestasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu, Sulaiman saat membacakan Pidato seragam Menteri pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di Lapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, , Kamis (02/05/2024).

Belopa- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Kabupaten Luwu melaksanakan upacara bendera yang dipusatkan di lapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kamis (02/05/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Sulaiman,yang pada kesempatan itu bertindak sebagai inspektur upacara dalam amanatnya membacakan Pidato seragam Menteri pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar yang semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” katanya.

Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, untuk membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

“Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat”, lanjutnya.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Semua berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas belum selesai. Semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua Yang sudah diupayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan.

“Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar”, tutup Sulaiman mengakhiri pidato seragam Mendikbudristek RI.

Pada peringatan Hardiknas tahun 2024 kali ini, Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Pendidikan kembali memberikan penghargaan kepada sekolah, tenaga pengajar dan siswa berprestasi dibidangnya masing-masing.

Sekolah yang berprestasi diberikan penghargaan sesuai kategori seperti, Pengelola Dana BOP Terbaik PAUD (TK Seatap SDN 22 Belopa, TK Panply, dan TK Harapan Pammanu), Kategori Pengelola Dana BOS terbaik tingkat SD (SDN 600 Mandar Jaya, SDN 32 Marinding dan SDN 104 Wiwitan), Capaian Rapor Pendidikan Tertinggi tingkat SD (SDN 5 Riwang, SDN 641 Palakka, SDN 352 Tobemba), Kategori Guru Penggerak dan Pengajar Praktik (24 guru penggerak dan 6 pengajar praktik angkatan 9). (rls/fit)



Pos terkait