Idul Adha, Wabup Kutim Sumbang Satu Ekor Sapi ke Lazismu

Sapi kurban sumbangan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang.

KUTIM – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang memberikan sumbangan sapi ke Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kutim. Sapi itu dimaksudkan sebagai hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah.

Tak hanya Kasmidi Bulang, Bank Syariah Indonesia (BSI) juga memberikan sumbangan hewan kurban untuk Lazismu. Hewan kurban yang disumbangkan yaitu dua ekor kambing.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya sumbangan dari Kasmidi Bulang dan BSI, maka hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha bertambah menjadi delapan ekor sapi dan lima ekor kambing. Hewan kurban yang telah disembelih ini nantinya akan dibagikan kepada warga sekitar.

“Jadi Idul Adha tahun ini, Lazismu Kutim bakal memotong delapan ekor sapi, dan lima ekor kambing,” kata Subhan Albanjari, Minggu (16/6/2024).

Proses penyembelihan hewan kurban ini bakal dilakukan setelah Shalat Idul Adha. Dia menjelaskan, penyembelihan hewan kurban akan dilakukan selama satu hari.

“Pemotongan akan dilaksanakan sehabis salat Idul Adha di Pelataran Gedung Dakwah Muhammadiyah Kutim,” ujar dia.

Daging kurban itu akan dipotong oleh petugas yang telah ditentukan. Mereka akan memotong daging itu dan dikemas dalam paket-paket lalu dibagikan kepada masyarakat.

“Daging akan dibagikan kepada para Mustahiq (Amil) dengan sistem kupon,” tandasnya.

Iduladha merupakan hari raya umat Islam. Hari raya itu juga memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah.

Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Peristiwa inilah yang jadi cikal bakal umat Muslim melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha. (adv)



Pos terkait