Ini 6 Pesan Penting Bupati Luwu yang Harus Dijalankan oleh 90 Kades Baru

Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat meberikan sambutannya pada pelantikan 90 Kepala Desa di aula rujab, kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Rabu (10/05/2022). (Ft/Diskominfo Luwu).

BELOPA—Setelah resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan dari 90 orang Kepala Desa (Kades) terpilih, Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyampaikan sedikitnya 6 pesan penting kepada Kades yang akan memimipin desa-desa yang ada di Kabupaten Luwu selama 6 tahun kedepan, Rabu (11/05/2022).

“Kepada para Kades yang hari ini dilantik saya mengucapkan selamat kepada semuanya, pada kesempatan ini saya ingin menitipkan 6 pesan penting agar dalam menjalankan roda pemerintahaannya dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa dan Masyarakat,” katanya Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

Bacaan Lainnya

Pertama, saya meminta kepada para Kades dalam melaksanakan tugas sebagai pemerintah desa selalu melibatkan masyarakat utamanya Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Kedua, saya berharap pada Kades bekerja sebagai penyelenggara pemerintah sebisa mungkin menghindari aktivitas yang dapat mengakibatkan berurusan dengan aparat hukum. Ketiga,” ucapnya Basmim

Ketiga, lanjut Basmin, menitipkan pesan agar para Kades tidak terlibat politik praktis yang dapat merusak suasana keharmonisan di desa, dan jika ada yang terlibat saya akan mengambil tindakan tegas kepada para kades yang ketahuan terlibat politik praktis.

“Jika ada kepala desa terlibat politik praktis, saya akan telusuri kinerjanya. Jika ada kesalahan kita akan minta diperiksa penegak hukum. Dan jika ada keluarga dekatnya menjadi ASN dan memiliki jabatan, saya akan nonjobkan,” tegasnya.

Bupati dua periode ini melanjutkan pesan yang diamanahkan kepada para kepala desa untuk terus meninggikan budaya sipakatau sipakalebbi di desa karena hal itu yang memang dikehendaki oleh budaya Tana Luwu.

“Kelima, para kepala desa harus melaksanakam tugas dan tanggung jawabnya secara profesional dan akuntabel dan yang yang terakhir, saya meminta cairkan Rivalitas dan tidak memelihara sentimen efek Piilkades serta tidak memanfaatkan bantuan sosial untuk menekan elemen masyarakat yang tidak berpihak kepadanya saat Pilkades,” tandas Basmin Mattayang. (fit)

Pos terkait