Ini Menteri PAN-RB yang Baru Pilihan Presiden Joko Widodo

Abdullah Azwar Anas

JAKARTA — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biropkrasi (MenPAN-RB) untuk sisa masa jabatan 2019 – 2024, Rabu (7/9/2022), di Istana Negara, Jakarta.

Abdullah Azwar Anas menggantikan menteri sebelumnya, Tjahjo Kumolo, yang telah meninggal dunia akibat sakit. Azwar Anas adalah Bupati Banyuwangi dua periode, yaitu 2010 – 2015 dan 2016 – 2021. Pria kelahiran 6 Agustus 1973 ini pernah menjadi anggota MPR dan DPR.

Bacaan Lainnya

Azwar Anas dipastikan masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin setelah ditunjuk langsung Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden RI Nomor 91/P tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri PAN-RB 2019-2024.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala Peraturan Perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Azwar saat mengucap sumpah jabatan di hadapan Presiden seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PAN-RB.

Masih mengutip website resmi KemenPAN-RB, www.menpan.go.id., Azwar kemudian berucap: “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Diketahui, sebelum dilantik, Azwar menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022. Dengan dilantiknya Azwar sebagai MenPAN-RB. (*/LH)











Pos terkait