Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Luwu, Naoemi Octarina Sebut Kerja PKK Kerja Pelita

Ketua PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina saat memberikan sambutannya di Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sulsel yang dilaksanakan di lapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Jumat (01/09/2023).

BELOPA- Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina menghadiri pembukaan Jambore Kader PKK tingkat Sulsel tahun 2023 yang dipusatkan di lapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Jumat (01/09/2023).

Acara yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan ini diikuti oleh 20 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya, Naoemi Octarina menyampaikan apresiasinya kepada Bupati dan Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu atas terselenggaranya jambore PKK di Kota Belopa.

Bacaan Lainnya

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati Luwu selaku Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Luwu dan Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Luwu yang telah menyiapkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023, semoga ini berjalan lancar hingga selesainya kegiatan,” katanya.

Kehadiran para peserta dan tamu undangan menurutnya merupakan wujud komitmen yang tinggi terhadap kiprah Gerakan PKK Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.

“Oleh karena itu saya berharap agar jambore ini dapat memberi nilai dan manfaat yang besar bagi perkembangan serta kemajuan Gerakan PKK yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK dan yang difasilitasi berbagai lembaga dan instansi mitra kerja PKK. Meski kita tau semua bahwa kerja-kerja PKK adalah kerja Pelita atau Pekerjaan Lillahi Ta’ala,”ucapnya.

Naoemi juga berharap Jambore PKK dijadikan momentum dalam mendorong semangat dan gairah kerja para kader dan anggota Tim Penggerak PKK yang tersebar di semua jenjang wilayah Sulawesi Selatan.

“Arena Jambore merupakan wahana positif untuk menumbuhkan semangat gotong royong, ajang silaturahmi dan kerjasama guna meningkatkan kualitas kader secara berkesinambungan. Kualitas kader akan menentukan dan mendorong kemajuan bagi Kab/Kota Se-Provinsi Sulawesi Selatan dalam berbagai kegiatan dan program pembangunan,”tutupnya

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang membuka secara resmi kegiatan Jambore Kader PKK 2023 menuturkan, Jambore PKK di Kabupaten Luwu merupakan tahun kedua dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

“ini tahun kedua kita laksanakan Jambore PKK, kemarin kita laksanakan di Kabupaten Selayar, dan hari ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Bupati Luwu. Beliau kami percayakan karena saya yakin jika ibu bupati semangat, bapak Bupati Luwu pasti ada disampingnya,” katanya.

Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta jamboree PKK dan berharap dapat menjalani segala kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia dengan hati riang gembira.

Sementara, Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sulawesi Selatan atas ditunjuknya Kabupaten Luwu sebagai tuan rumah Jambore Kader PKK 2023.

“Terima kasih bapak Gubernur dan ibu Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatanyang telah menunjuk Kabupaten Luwu sebagai tuan rumah. Ini suatu kebanggaan bagi kami, namun sebagai manusia biasa pasti tidaklah sempurna, sehingga melalui kesempatan ini kami menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan-kekurangan”ucap Bupati Luwu.

Basmin juga mengungkapkan rasa kegembiraan masyarakat Kabupaten Luwu atas terselenggaranya kegiatan ini karena telah berdampak langsung kepada pelaku ekonomi kecil dan menengah.

“Karena kehadiran bapak ibu dari kabupaten/kota se Sulsel, masyarakat Luwu sangat merasakan kegembiraan dan bersyukur karena secara tidak langsung telah mendongkrak perekonomian pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM,” ungkapnya.

Selaku Wija To Luwu yang memiliki karakteristik istimewa didaerah yang tidak mengenal pendatang, tidak mengenal sekat dan kelompok-kelompok tertentu.

“Siapapun yang datang di Luwu ini, meski baru menekuk air sekalipun setetes embun oleh leluhur kami sudah menyatakan bahwa dia sudah menjadi orang Luwu,” ucapnya.

Kegiatan Jambore Kader PKK diramaikan dengan berbagai lomba untuk menguji ketangkasan dan kekompakan tim seperti lomba estafet bola dan estafet sarung, lomba memindahkan air dengan sarung.

Selain itu, ada pula kegiatan terkait 10 program pokok PKK antara lain Talkshow lahan pekarangan ramah lingkungan dirangkai lomba kreasi sarung adat, lomba jingle paaredi gerakan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju

Acara pembukaan diakhir dengan devile dari 20 Kabupaten/kota, yakni TP PKK Provinsi Sulsel diikuti rombongan Kabupaten Luwu, Pinrang, Takalar, Jeneponto, Pangkep, Maros, Sinjai, Toraja Utara, Tana Toraja, Sidrap, Palopo, Luwu Timur, Selayar, Barru, Soppeng, Enrekang, Wajo, Luwu Utara, Pare-Pare, dan Bantaeng. (rls/fit)































Pos terkait