Jejak Politik Fatmawati Rusdi, Gagal di Pilkada Sidrap, Terpilih Jadi Wakil Walikota di Makassar

  • Whatsapp
Fatmawati Rusdi
9

MAKASSAR — Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kalimat ini pantas disematkan kepada Fatmawati Rusdi, istri dari Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse.

Pada pilkada Makassar 2020, ia terpilih menjadi Wakil Waliota Makassar mendampingi Walikota, Danny Pomanto. Padahal, saat maju di kampung halamannya di Kabupaten Sidrap sebagai calon bupati pada pilkada 2018 silam, ia gagal.

Bacaan Lainnya

Fatma kalah dari rivalnya, Dollah Mando. Padahal, kansnya untuk menang terbuka lebar. Saat itu, sang suami Rusdi Masse, masih menjabat sebagai bupati Sidrap. Namun, tuhan berkehendak lain.

Tak patah semangat, wanita kelahiran Parepare, 9 Mei 1980 ini, kembali maju di pilkada Makassar. Ia digandeng calon walikota, Danny Pomanto. Pasangan dengan akronim ADAMA’ ini diusung oleh Partai Nasdem dan Gerindra.

Berdasarkan rekapitulasi KPU Makassar, pasangan ADAMA ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dengan 218.908 suara atau persentase 41,3 persen.

Kegagalannya di pilkada Sidrap akhirnya terbayar di Makassar. Ibu lima anak ini, memang dikenal sebagai perempuan tangguh dan tak kenal lelah. Saat masih tercatat sebagai anggota DPR RI pada periode 2014-2019 lalu, ia harus membagi waktu antara Jakarta dan Sidrap.

Disamping menjalankan tugasnya di Komisi V DPR RI, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya ini juga berperan mendampingi suaminya yang menjabat bupati di daerah penghasil beras itu.

Melalui komisinya yang membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan, dan kawasan tertinggal, Fatma banyak membantu program Pemerintah Kabupaten Sidrap. Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), infrastruktur jalan menjadi bagian tak terpisahkan dari perjuangannya. (adn)

Pos terkait