Kabar Gembira Bagi Orangtua Siswa Inklusi, Disdikbud Kutim Bakal Berikan Program Beasiswa Khusus

Kabid Menengah Pertama Disdikbud Kutim, Muhammad Ilham.

RITMEE – Ada kabar baik bagi orang tua siswa inklusi di Kabupaten Kutai Timur. Kabar baiknya adalah, siswa inklusi bakal diberikan beasiswa khusus dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur (Kutim).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur, Muhammad Ilham pada penutupan Pesta Karya IX SMPN 1 Sangatta Utara, beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Inisiatifnya untuk mengusulkan beasiswa khusus inklusi itu dia ungkapkan di hadapan guru dan tamu undangan.

Dalam sambutannya di hadapan tamu undangan, guru-guru dan siswa SMPN 1 Sangatta Utara ia terpikirkan untuk menambah jenis beasiswa di Kutai Timur.

Sejauh ini, beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Disdikbud Kutim kerjasama dengan perusahaan berupa beasiswa berdaya untuk siswa SMP yang tidak mampu.

“Tadi saya berdiskusi, ke depan ditambah lagi kategori beasiswa istimewa untuk inklusi, mungkin ini perlu diskusi lagi lebih intens,” ucapnya.

Ia mengaku akan menyampaikan terlebih dahulu kepada kepala Disdikbud Kutim dan Bupati Kutai Timur.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sangatta Utara, Yeti Arika Desiviana mendukung wacana beasiswa tersebut, sebab di sekolahnya juga ada siswa inklusi.

Bahkan ia mengaku, SMPN 1 Sangatta Utara menjadi pilot projek percontohan dalam sekolah inklusi.

“Kami memiliki 7 siswa inklusi, 3 orang siswa kelas 7, 2 orang siswa kelas 8 dan 2 orang lagi siswa kelas 9,” terangnya.

Sedangkan dikonfirmasi terpisah guru pendamping inklusi SMPN 2 Muara Ancalong, Terin bahwa dia menangani lima orang siswa inklusi di sekolahnya.

Dimana, kelima siswa tersebut termasuk anak berkebutuhan khusus dengan memiliki kekurangan keterbelakangan mental.

“Di sekolah kami ada 5 orang siswa inklusi, diantaranya kelas 7 ada 3 orang, lalu kelas 8 tidak ada dan kelas 9 ada 2 orang,” tuturnya.

Diketahui siswa inklusi adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus, seperti disabilitas penglihatan, disabilitas pendengaran, disabilitas intelektual, disabilitas fisik dan disabilitas sosial. (adv)































Pos terkait