Kadispertanakbun Target Palopo Jadi Salah Satu Daerah Penghasil Porang di Sulsel

  • Whatsapp
Kadispertanakbun Palopo, Ibnu Hasyim.
4

PALOPO – Kota Palopo ditarget menjadi salah satu kota penghasil tanaman porang terbesar di Sulawesi Selatan tahun 2021. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Palopo, Ibnu Hasyim.

“Tanaman Porang akan kita kembangkan di Kota Palopo. Karena Palopo ini struktur tanahnya sangat potensial dan cocok untuk budidaya Porang,” sebutnya baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Sebagai langkah awal, pihaknya telah merekrut 180 petani Porang yang tersebar diberbagai kelurahan di Kota Palopo. “Saat ini ada 180 petani yang akan kita bina. Melalui budidaya Porang mereka juga bisa mengurus KUR dengan plafon maksimal Rp 50 juta per orang,” jelas Hasyim.

Beberapa waktu lalu, Palopo juga kecipratan bantuan 25 ribu umbi bibit Porang dari Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif. “Itu yang kita salurkan ke petani untuk dikembangkan,” ucap Hasyim yang juga mantan Kabag Umum Pemkot Palopo itu.

Hasyim menyebutkan beberapa kecamatan yang wilayahnya potensial untuk tanaman ini, seperti Kecamatan Sendana, Kecamatan Wara Selatan, Kecamatan Mungkajang dan Telluwanua. Untuk keuntungan Porang sendiri, tidak main-main. Dalam 1 hektar saja bisa menghasilkan ratusan juta rupiah per tahun. (*)

Pos terkait