Kajari Luwu Dimutasi ke Ciamis, Jawa Barat, Ini Penggantinya

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronica Maramba.

BELOPA—Gerbong mutasi di Korps Ahyaksa kembali terjadi, pergeseran dalam rangka penyegaran ini menyentuh hingga level kepala kejakasaan negeri. Salah satunya dalah Kajari Luwu, Erny Veronica Maramba, ia dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kajari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Mutasi tersebut berdasarkan surat keputusan Jaksa Agung Nomor: Kep-IV-171/C/02/2022. Surat tersebut diteken Jaksa Agung Muda Pembinaan, Bambang Sugeng Rukmono tertanggal 18 Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Penggantinya ialah Andi Usama Harun, yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara. Andi Usama Harun sendiri bukanlah nama baru di wilayah hukum Sulsel. Sebelum dimutasi ke Manado, dia merupakan Kepala Seksi Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan pada Asintel Kejati Sulsel hingga Mei 2020. Ia juga tercatat sebagai mantan Pelaksana Harian Kajari Tomohon.

Saat dikonfirmasi Erny Maramba yang telah menjabat sebagai kepala kejaksaan Negeri Luwu selama 2,5 Tahun membenarkan informasi tersebut. “Iya sebagai mana dokumen yang beredar,” ucapnya, Senin (21/02/2022).

Erny menjelaskan untuk jadwal seraha terima jabatan yang akan dilakukan Kajaksaan Tinggi baik di Sulsel maupun Sulbar, pihaknya menunggu info soal itu. “Kalau itu ranah pimpinan, kami menunggu perintah soal sertijab,” terangnya.

Selama menjabat sebagai Kajari Luwu, Erny Veronica yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Tata Usaha Kejati DKI Jakarta tersebut berhasil mengungkap berbagai perkara pidana khusus., salah satunya adalah kasus dugaan korupsi pengadaan seragam sekolah dasar dan SMP.

Selain itu, dibawa kepemimpinan Erny, Kejari Luwu menjebloskan Mantan Kepala Dinas Sosial Luwu ke dalam penjara sebagai tersangka dugaan korupsi KUBE, demikian juga dengan salah satu kepala Desa yang ada di Kab. Luwu.

Tidak hanya itu, Erny juga kerap melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap program strategis daerah, demikian juga dengan saat ini dimana Pemerintah Kabupaten Luwu mengamanahkan Erny Veronica Maramba sebagai ketua satuan tugas pemulihan ekonomi nasional kabuipaten Luwu. (rls/fit)

Pos terkait