KPU Kota Palopo Siap Laksanakan Verifikasi Faktual

MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menyatakan siap utk melakukan proses verifikasi faktual (Verfak) terhadap partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 yang akan mulai dilaksanakan dari tanggal 15 Oktober sampai 4 November 2022.

Kesiapan tersebut diutarakan oleh Ketua Divisi Teknis KPU Kota Palopo, Ahmad Adiwijaya disela-sela kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 di Aula Macora Hotel The Rinra Makassar, Selasa (11/10/2022).

Bacaan Lainnya

“Bimtek ini akan menjadi bekal kami dalam melakukan verfak sesuai yang telah diatur dalam PKPU 4 Tahun 2022”, kata Doktor jebol Universitas Negeri Makassar ini.

Ditambahkannya secara internal KPU Kota Palopo juga akan melakukan Bimtek terhadap tim verifikator yang telah dibentuk sebelumnya. “Hasil Bimtek hari ini juga akan kami turunkan ke tim verifikator kami”, tandas Ahmad Adiwijaya.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Faisal Amir dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek tersebut mengingatkan kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota jika proses verfak merupakan salah satu fase krusial dalam penyelenggaraan pemilu.

“Verifikasi faktual menjadi penentu lolos tidaknya sebuah partai politik menjadi peserta pemilu”, tegasnya mengingatkan.

Faisal Amir menjelaskan ada dua hal yang akan diversifikasi faktual yaitu Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik. “Kalau metodenya ada tiga yaitu mengunjungi, menghadirkan dan menghubungi melalui teknologi komunikasi”, pungkasnya.

Bimtek ini selain diikuti oleh Komisioner Divisi Teknis juga dihadiri oleh Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Kasubbag Teknis, Kasubbag Hukum dan Pengawasan serta Operator SIPOL Kabupaten/Kota se Sulsel. Dimana Bimtek direncanakan berlangsung hingga Kamis (13/10/2022).











Pos terkait