Lebih Dekat dengan Sosok Hary Zulfikar, Salah Satu Komisioner KPU Palopo Terpilih

Hary Zulfikar, SH.MH

PALOPO — Ucapan selamat dan sukses terus mengalir kepada Komisioner KPU Palopo terpilih dan telah ditetapkan berdasarkan surat penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) dengan Nomor 96/SDM.12-Pu/04/2023 tertanggal 21 September 2023

Dari lima Komisioner KPU Palopo Periode 2023-2028, satu merupakan Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) Hary Zulficar, SH, MH.

Bacaan Lainnya

Melalui sambungan telpon Whatsapp, Jumat 22 September 2023 malam, Hary Zulfichar mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan motivasi dan suport, dari proses pendaftaran hingga penetapan.

” Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, sekali lagi terimakasih,” ucapnya.

Ditanya soal tips dan persiapan selama proses pendaftaran, hingga terpilih dan ditetapkan sebagai komisioner KPU Palopo, Hary Zulfichar mengatakan, jika disetiap melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah SWT.

” Persiapannya adalah tekun beribadah banyak berdoa, dan tentunya restu dari orang tua, dukungan dari istri, kemudian juga suport, serta dukungan dan motivasi dari teman-teman organisasi Cipayung Plus,” tuturnya.

Terkait dengan misi, tugas dan tanggung jawabnya sebagai penyelenggara pemilihan umum, kedepan, akan aktif melakukan edukasi dan sosialisasi melalui pendekatan religi, akademisi dan organisasi.

” Karena menjadi tanggung jawab sebagai penyelenggara untuk mensukseskan pemilihan umum, misi dan tugas, kedepan, memperbanyak sosialisasi, melakukan edukasi terkait pemilu, kemudian pendekatan religi, goes to kampus, pendekatan dengan teman-teman akademisi, juga pendekatan-pendekatan dengan organisasi yang ada di wilayah Kota Palopo,” katanya.

Untuk diketahui, Hary Zulfichar lahir di Ujung Pandang (Makassar) pada 5 Juli 1990, dari pasangan Dr. Mukhlis Sufri. SE. MSi (ayah), Dra. Mahria Daido.Mpd (ibu), dan merupakan alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI), S2 Ilmu Hukum UMI 2016-2018, anggota Panwaslu di tingkat Kel/Desa Periode 2012-2014.

Kemudian, Dosen tetap di Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, yang membawakan materi Ilmu Hukum, tidak hanya itu, Hary Zulfichar juga dipercayakan menjabat sebagai Kepala Pusat Bakat Minat dan Prestasi periode 2022 sampai sekarang, juga Ketua Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum di Lembaga Pajung Tana Luwu periode 2022 sampai sekarang.

Untuk pengalaman organisasi, Hary Zulfichar, tergabung dalam Pengurus Pusat (PP) Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu (IPMIL) sebagai penasehat periode 2013 sampai sekarang, HMI Cabang Makassar sebagai Ketua LDMI 2010-2011, Karang Taruna Sulsel sebagai Humas 2012-2016, Koni Kota Palopo sebagai Komisi Hukum 2022- sekarang, KNPI Sulsel sebagai OKK 2016-2018, Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Sulsel sebegai Departemen Pusdiklat 2019 – sekarang, Yayasan Langkanae Kedatuan Luwu bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia 2020 – Sampai Sekarang, PBHI Sulsel bidang Advokasi 2017-2019, HIPMI Sulsel bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia 2017-2019 dan Anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) 2019 – sekarang. (*)































Pos terkait