Liga Prancis Dihentikan, PSG Juara

  • Whatsapp

PARIS – Paris Saint-Germain dinobatkan sebagai juara Liga Prancis 2019/20 usai dihentikannya kompetisi karena pandemi virus Corona. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil pencapaian Les Parisiens di lapangan.

Dilansir ritmee.co.id dari Detikcom, penyerahan gelar juara disahkan, Kamis (30/4/2020). PSG memang berstatus sebagai pemimpin klasemen Ligue 1 dengan mengoleksi 68 poin dari 27 laga. Sementara Marseille yang ada di posisi kedua baru mengumpulkan 56 poin dari 28 laga.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari situs resmi Ligue 1, berdasarkan peraturan yang diadopsi Federasi Sepakbola Prancis (FFF), urutan klasemen akhir dihitung dengan melihat rataan poin yang didapat satu tim di setiap pertandingan. Tim yang memiliki rataan poin per laga paling tinggi otomatis akan menjadi juara.

Jika ada lebih dari satu tim yang memiliki rataan poin yang sama, maka posisi akan dilihat dari hasil pertemuan tim-tim tersebut (head to head).

Dalam kasus PSG saat ini, keunggulan 12 poin dari Marseille membuat mereka sudah pasti memiliki rataan poin paling tinggi. Jika dibagi antara jumlah poin terakhir dengan laga yang sudah dimainkan, maka tim asuhan Thomas Tuchel itu meraih 2,52 poin per laga.

Sedangkan Marseille cuma mendapat 2 per laga. Atas dasar itu, PSG akhirnya disahkan sebagai juara musim ini, meski masih menyisakan 11 laga tersisa. (*)





Pos terkait