LUAR BIASA, Produk Rumahan di Luwu Tembus Pasar Asia dan Eropa

  • Whatsapp
8

BELOPA — Jangan anggap remeh produk rumahan. Buktinya, Ahmadi Abbas, warga Jawaro, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, kini menuai sukses.

Dengan brand Miranesia, sejumlah produknya yang ramah lingkungan sudah menembus pasar Asia dan Eropa. Produk yang terbuat dari bambu, batok kelapa dan lainnya itu ternyata digemari warga Jepang, Jerman, Italia dan beberapa negara lainnya.

Bacaan Lainnya

” Kemarin, kami baru mengirim ke Italia,” kata Ahmadi. Miranesia memproduksi piring, gelas, teko, asbak dan lainnya. Harganya, mulai Rp 20 ribuan hingga kisaran Rp 150-an ribu.

Miranesia berdiri tahun 2019 lalu. Ahmadi awalnya dikenal sebagai pemerhati lingkungan. Ia banyak memberikan edukasi ke masyarakat untuk mengurangi penggunaan bahan plastik.

” Saya melihat di Luwu banyak bahan baku yang bisa digunakan untuk mengganti bahan plastik. Seperti bambu dan kayu, kelapa dan lainnya,” katanya. Ahmadi kemudian mengumpulkan sejumlah pemuda di Jawaro dan mencoba berkreasi membuat produk.

Responnya luar biasa. Banyak yang tertarik. Ia memasarkan produknya melalui media social sehingga bisa dikenal sampai ke luar negeri. Produk seperti piring dari kayu, gelas bambu, teko yang terbuat dari batok kelapa banyak diminati di Asia dan Eropa.

“Saya berharap, dengan berkembangnya produk Ramah Lingkungan ini bisa menjadi solusi mengurangi pengangguran. Kami juga mempekerjakan saudara kita penyandang disabilitas atau yang berkebutuhan khusus,” katanya. (fit)

Pos terkait