Masa Jabatan Bupati Luwu Dipangkas, Berakhir Desember 2023

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, memberikan pujian kepada Pemerintah Kecamtan Kamanre yang tidak melupakan nilai-nilai sejarah dalam memupuk persatuan dan persaudaraan untuk mewujudkan kejayaan Kecamatan Kamanre.

MAKASSAR — Masa jabatan Bupati Luwu, Basmin Mattayang dipangkas dua bulan.

Sedianya Basmin akan menjabat bupati hingga Februari tahun 2024, tapi dipangkas dua bulan oleh Kemendagri.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kabiro Pemerintahan Sulsel, Idham Kadir kepada wartawan.

Selain Luwu, ada 4 bupati di Sulsel yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Desember 2023 mendatang.

Pemprov Sulsel pun menunggu surat dari Kemendagri untuk mengusulkan calon pengganti berstatus penjabat (Pj) kepala daerah tersebut.

“Iya. 5 daerah, ya. Pemprov yang usul 3 masing-masing kabupaten/kota. DPRD (kabupaten/kota) yang mengusul (ke Pemprov Sulsel),” kata Idham kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (30/10/2023) dilansir detik.com.

Dari kelima bupati yang dimaksud, ada tiga bupati dipangkas masa jabatannya yakni Bupati Wajo Amran Mahmud, Bupati Luwu Basmin Mattayang, dan Bupati Pinrang Irwan Hamid. Dia menyebut ketiga kepala daerah tersebut seharusnya memimpin hingga awal tahun 2024.

“Dimajukan ke Desember. Seperti Wajo, Pinrang, Luwu kalau tidak salah. Pinrang itu April (2024 berakhir). Wajo, Luwu Februari (2024 berakhir). Cuma dikurangi satu dua bulan lebih,” tuturnya.

Dia menyebut kebijakan potongan masa jabatan dari 3 kepala daerah tersebut telah ditetapkan oleh Kemendagri lantaran adanya Pilkada serentak di tahun 2024. Namun Idham belum menjelaskan lebih jauh soal kebijakan itu.

“Iya sudah ada (regulasi) dari Kemendagri,” sebutnya.

Idham juga belum mengetahui secara pasti kompensasi apa yang didapatkan oleh para kepala daerah yang dipangkas masa jabatannya tersebut. Namun, ia menegaskan gaji dan tunjangannya tetap dibayarkan.

“Belum ada informasi. Mungkin yang tahun 2024 itu. Yang dimaksud sama Pj Gubernur. Yang 2024 itu kan berakhir di 2026. Tapi dibayar tunjangan dan gaji, digantikan,” ungkapnya.

Selain itu, Idham mengatakan ada dua kepala daerah lainnya yang memang berakhir masa jabatannya pada Desember 2023. Dua kepala daerah yang dimaksud, yakni Bupati Jeneponto dan Sidrap.

“Iya (Bupati Jeneponto dan Sidrap yang berakhir di Desember 2023 ). Jadi yang maju (di Desember 2023) itu Wajo, Pinrang, Luwu. Tapi kita tunggu dulu surat dari Kemendagri,” bebernya.

Dia mengatakan nantinya, Pemprov Sulsel akan mengusulkan 3 orang nama calon Pj Bupati untuk 5 daerah. 3 nama itu diambil berdasarkan usulan masing-masing pimpinan DPRD di daerah tersebut. (*)







Pos terkait