Narsum di Jambore Kewirausahaan PMKRI, Steven Hamdani Ajak Mahasiswa Maksimalkan Teknologi

  • Whatsapp

PALOPO — Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palopo St. Katarina ditunjuk sebagai Tuan Rumah dalam rangka kegiatan Jambore kewirausahaan Regio XI PMKRI Sulawesi Tahun 2021.

Pembukaan Jambore kewirausahaan ini diisi dengan kegiatan Seminar Nasional yang dihadiri oleh orang-orang yang berkompeten dibidangnya.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan kali ini yang bertema Peran Pemuda dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif dan UMKM Berbasis Digital, pembukaan kegiatannya dilaksanakan pada tanggal 01 Juli 2021, bertempat di Hotel Agro Wisata Palopo.

Kegiatan seminar ini dibagi dalam dua sesi yaitu sesi offline dan online, dimana sesi offline di hadiri oleh narasumber H. Syaharuddin Alrif, S.IP., MM yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, dan Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI St. Thomas Aquinas Periode 2020-2022 Benediktus Papa.

Sesi onlinenya diisi oleh Fiter Silaen dimana beliau adalah Kabag Perencanaan dan Pemantauan Evaluasi Kemenkop UKM RI, lalu Bapak Rasikin Juraid yang menjabat sebagai Komisaris Independen PT. Hutama Karya Realtindo, dan Mohammad Isnaeni dari Micro Business Group.

Peserta seminar ini dihadiri oleh PMKRI  Regio XI Sulawesi, OKP, Lembaga BEM Kampus dan peserta yang hadir berjumlah 150 orang.

Selain itu, Kegiatan Jambore Kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2021, bertempat di Gedung Prisma GPIL Rampoang Palopo, dimana peserta kegiatan berasal dari Sekomda Regio XI PMKRI Sulawesi  (PMKRI Cabang Makassar, PMKRI Cabang Palu, PMKRI Cabang Kendari, PMKRI Cabang Toraja dan PMKRI Cabang Palopo sebagai tuan rumah).

Adapun pemateri yang mengisi kegiatan ini yaitu dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo, Credit Union Kota Palopo, Koperasi Bintang Muda 88 Toraja, serta Steven Hamdani, ST., MM., M.Si selaku Anggota DPRD Kota Palopo dan juga Dewan Pembina PMKRI Kota Palopo.

Sambutan Ketua Panitia Pelaksana, Rivaldo mengucapkan Terima kasih kepada PP PMKRI St. Thomas yang telah percaya PMKRI Cabang Palopo Sebagai Tuan Rumah Jambore Kewirausahaan Komisaris Daerah (KOMDA) Regio XI PMKRI Sulawesi, ucapan terima kasih kepada seluruh teman-teman Regio XI PMKRI Sulawesi yang telah menyukseskan kegiatan ini, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Dalam sambutan ketua Presidium PMKRI Cabang Palopo saudara Gabriel Esong Periode 2021-2022, menyampaikan bahwa semoga kegiatan ini bukan hanya seremonial semata  dan tentu saja yang kita harapkan adalah output yang di hasilkan dari kegiatan ini untuk setiap cabang Komisiaris Daerah (KOMDA) XI PMKRI Sulawesi, sehingga visi misi PMKRI yang mandiri betul-betul terwujud, dan lebih pentingnya lagi PMKRI bisa mencetak enterpreneur muda di negeri ini dimasa yang akan datang di tengah-tengah masyarakat, dan tentu butuh suport atau pendampingan langsung dari PP PMKRI St. Thomas Aquinas serta dukungan dari Pemerintah.

Dalam sambutan Ketua Bidang Lembaga Kewirausahaan PP PMKRI St. Thomas Aquinas Periode 2020-2022 saudara Boge Parinding, berharap agar melalui kegiatan Jambore  Kewirausahaan ini dapat menambah wawasan serta membentuk karakter EnterPreneur untuk para peserta yang telah mengikuti kegiatan. Untuk itu tindak lanjut dari setiap cabang khususnya di Wilayah Sulawesi untuk berani mengambil peluang usaha yang ada.

Terakhir Steven Hamdani yang juga Ketua Komisi 3 DPRD Kota Palopo yang membawakan materi tentang Sistem Digitalisasi Usaha, berharap pemuda masa kini harus menjadi pengusaha-pengusaha baru dengan memanfaatkan teknologi.

“Kita sudah berada pada zaman digital, kemajuan teknologi begitu cepat dan tentu saja kita harus dapat mengikuti ritmee dari kemajuan teknologi itu sendiri,” kata Steven.

Kegiatan ini sendiri berakhir pada hari Sabtu, 03 Juli 2021 dengan sukses. (*)







Pos terkait