Pawai Takbiran, Bupati Kutim Ajak Peserta Jaga Kebersamaan, Ketertiban dan Keamanan

Pelepasan pawai takbiran oleh Bupati Kutai Timur.

KUTIM – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman melepas pawai takbir keliling di halaman Masjid Agung Al Faruq, Islamic Center, Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Minggu (16/6/2024). Takbir keliling itu untuk menyambut hari raya Idul Adha 1445 H.

Ardiansyah Sulaiman mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan keamanan selama pawai takbir keliling, yang telah menjadi tradisi tahunan di Kutim.

Bacaan Lainnya

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, saya mengucapkan selamat melaksanakan pawai serta takbir keliling dan ibadah Salat Idul Adha 1445 Hijriah,” kata Ardiansyah Sulaiman.

“Mari bersama-sama menjaga kebersamaan, ketertiban dan keamanan. Menyambut takbiran ini, mari lakukan dengan khusyuk, kumandangkan takbir di Masjid dan Musalla hingga akhir hari tasyrik. Semoga ibadah Idul Adha kita tahun ini diterima Allah SWT dan mendapat berkah serta rahmat dari Allah SWT,” sambungnya.

Pesan tersebut disampaikan di hadapan jajaran Forkopimda, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah H. Suyuti, serta undangan lainnya yang hadir pada acara tersebut. Momen ini menjadi simbol penting akan kekompakan dan semangat kebersamaan warga Kutim dalam menyambut salah satu hari besar Islam yang penuh makna.

Sebelumnya, H Nurholis mewakili Ketua Panitia Pawai Takbir Keliling melaporkan mengenai penyelenggaraan pawai yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, peserta pawai datang dari Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan.

“Dari dua kecamatan tersebut, kami juga telah mengundang Perangkat Daerah, termasuk TNI dan Polri, serta para pengurus Masjid, Musalla, Paguyuban dan Organisasi Masyarakat,” jelas Nurholis.

Jalur pawai meliputi jalan-jalan protokol kota Sangatta. Start dimulai dari depan Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, kemudian melalui Jalan AW Syahrani, Jalan Yos Sudarso I, II, III, dan VI hingga finish di Jalan Soekarno Hatta, eks Kantor Bupati Lama. Rute ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi seluruh peserta sekaligus memeriahkan suasana malam Idul Adha.

Suasana malam itu begitu meriah dengan gemuruh takbir yang dikumandangkan oleh para peserta pawai. Masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui, menyaksikan arak-arakan yang penuh semangat dan kebersamaan.

Pawai takbir keliling ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antarwarga, tetapi juga sebagai wujud nyata dari kekompakan dan persatuan masyarakat Kutim.

Diharapkan semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menjadi modal kuat bagi masyarakat Kutim dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Para pihak yang hadir saling mengucapkan selamat Idul Adha 1445 Hijriah dan berdoa agar Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan rahmat-Nya kepada seluruh warga Kutim. (adv)

 



Pos terkait