Pemkab Luwu Gelar Bimtek Penyusunan Peta Bisnis Unit Organisasi

Suasana Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Bisnis unit organisasi yang digelar oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu di ruang rapat Kator Bappelitbangda, Kamis (19/05/2022).(Ft/Diskominfo Luwu).

BELOPA—Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Bisnis unit organisasi di ruang rapat Kator Bappelitbangda, Kamis (19/05/2022).

Analis Kebijakam Ahli Muda, Achmad Fachruddin selaku narasumber dari Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, peta proses Bisnis merupakan diagram yang menggambarkan hubungan kerja efektif dan efesien antar unit organisasi agar menghasilkan kinerja yang sesuai dengan tujuan pendirian suatu organisasi.

Bacaan Lainnya

“Peta Unit Organisasi sangatlah tepat jika diterapkan, apalagi jika didukung oleh Momentum perubahan birokrasi atau penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan,” katanya.

“Pasca penyederhanaan birokrasi, tentunya sistem mekanisme kerja banyak yang berubah, sehingga perlu disesuakan lagi agar peta unit organisasi lenih efektif dan efisien,” tambahnya.

Selain Achmad Fachruddin juga menghadirkan narasuber lainnya yakni, Analis Tatalaksana dari Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Selatan, Aidil Kurniawan. Bimtek itu dilaksanakan dengan beberapa tahap diantaranya, Menginstal Aplikasi Bizagi untuk mempermudah penyusunan diagram, Materi Penjelasan terkait Peta Proses Bisnis, praktek Biro Organisasi dengan menggunakan Aplikasi Bizagi, Asistensi secara langsung oleh Biro Organisasi Prov. Sulsel, serta melakukan penetapan peta proses bisnis oleh setiap Kepala OPD yang berdasarkan SK Bupati Luwu.(*)

Pos terkait