Pemkab Sidrap Studi Tiru ke Luwu Soal Penyusunan ASB

  • Whatsapp
5

BELOPA — Pemerintah Kabupaten Luwu menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Pemkab Sidrap) yang akan melaksanakan Study Tiru terkait penyusunan Analisis Standar Belanja (ASB) di ruang rapat kantor Badan Pendapatan Daerah, Kamis (25/06/2020).

Rombongan Study Tiru Pemkab Sidrap yang berjumlah 17 orang, dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum, Andi Rahmat Saleh didampingi oleh Kadis DPKD, Nasruddin Waris dan beberapa kepala bidang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Bappeda.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Luwu, Muh Arsal Arsyad menjelaskan, dalam melaksanakan ASB pihaknya mengacu pada Permendagri nomor 13 tahun 2006 pasal 93 ayat 4, sebagaimana telah diubah kedua kali dengan permendagri no 21 Tahun 2011.

ASB adalah standar untuk menganalisis anggaran belanja yang digunakan dalam suatu program atau kegiatan untuk menghasilkan tingkat pelayanan tertentu dan kewajaran biaya pada unit kerja dalam satu tahun anggaran.

“ASB digunakan bukan alat untuk memotong anggaran tetapi dijadikan alat untuk merasionalkan anggaran melalui anggaran yang proporsional atau wajar. Manfaat dari Penerapan ASB antara lain adalah memberikan dasar kewajaran beban kerja dan biaya suatu kegiatan/aktifitas SKPD,” katanya.

“Ada beberapa penerapan ASB dalam pembangunan infrastruktur di pemkab Luwu, seperti pada pekerjaan Jalan, pembangunan irigasi, dan Drainase,” tambahnya.

Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidrap, Andi Rahmat Saleh selaku pimpinan rombongan mengucapkan terima kasih atas penjelasan yang diperoleh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bappelitbangda, Muh Rudi, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, R. Dani Mahendra, Kabid pembangunan jalan dan jembatan, Usdin Iskandar, Kasi perencanaan bidang Sumber Daya Air, Suyani dan Kasubid Akuntansi Pelaporan dan Pertanggungjawaban BPKD, Rahmi Triyulin. (fit/adn)

Pos terkait