Penilaian 4ICU : UNCP Terbaik di Luwu Raya, Peringkat Enam di Sulsel

Rektor UNCP, Rahman HAiruddin. (Foto : Dok. UNCP)

PALOPO — Prestasi membanggakan kembali diukir Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Kampus kuning itu menjadi perguruan tinggi (PT) terbaik di Luwu Raya.

Penilaian itu berdasarkan dari 4 International College and Universities ( 4ICU ) UniRank. 4ICU merupakan situs yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Tercatat ada 567 institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang masuk dalam kriteria pemeringkatan 4ICU UniRank. Salah satunya UNCP.

Dikutip dari laman 4ICU di 4icu.org, Rabu (5/10/2022) ada tiga kriteria perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan Unirank.

Perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia. Kriteria kedua ialah menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktoral).

Kriteria terakhir ialah kampus juga menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Pemeringkatan perguruan tinggi versi 4ICU dilakukan berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, serta Majestic Trust Flow.

Tujuan pemeringkatan ini adalah untuk menyediakan klasemen nonakademik dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia berdasarkan metrik website yang valid juga tanpa bias dan pengaruh apa pun, yang disediakan oleh sumber-sumber web intelligence independen dan bukan data yang dikumpulkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

Posisi Perguruan tinggi terbaik di Sulsel ditempati Universitas Hasanuddin Makassar. Posisi kedua dan ketiga ditempati Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sementara posisi keempat dan lima bertengger Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Muslim Indonesia. Posisi keenam ditempati satu-satunya wakil Luwu Raya yang masuk 10 besar, yakni Universitas Cokroaminoto Palopo.

Untuk peringkat tujuh dan delapan diisi Universitas Fajar dan Universitas Cokroaminoto Makassar. Sementara sembilan dan sepuluh ditempati Universitas Muhammadiyah Parepare dan Universitas Atmajaya.

Perwakilan Luwu Raya lainnya, yakni Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo menempati posisi 11. (fit)



Pos terkait