Perumda TM Palopo Serahkan Deviden Rp700 Juta Lebih ke Walikota

Dirut Perumda TM Palopo, Ir Tawakkal menyerahkan deviden secara simbolis kepada walikota Palopo, HM Judas Amir, Selasa (26/4/2022).

PALOPO — Perumda Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo menggelar buka puasa bersama sekaligus penyerahan deviden tahun 2021 ke Walikota Palopo, HM Judas Amir, Selasa (26/4/2022).

Jumlah deviden yang diserahkan secara simbolis oleh Dirut Perumda TM, Ir Tawakkal kepada walikota sebanyak Rp706.751.849.

Bacaan Lainnya

Walikota dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran PDAM sudah bekerja keras dan baik, penuh keiklasan dan dedikasi melayani masyarakat terkait kebutuhan air yang ada di Kota Palopo.

“Mari kita pegang teguh makna dari   kata, bahwa tidak akan berubah suatu kaum atau orang kalau bukan kita sendiri yang merubahnya,” pesan walikota.

Walikota juga mengimbau agar dibulan suci ini, yang masih mempunyai kesalahan-kesalahan agar kiranya berdoa memohon ampun kepada Allah SWT.

“Dan juga tidak lupa saling memaafkan antar sesama, sesama rekan kerja. Yang masih ada kesalahan, khilaf, marilah kita saling memafkan karena dengan memaafkan semua akan terasa ringan,” ungkapnya.

Sebelumnya Dirut Perumda TM Palopo, Ir Tawakkal kepada Ritmee.co.id membeberkan ada peningkatan pemberian deviden ke pemkot Palopo sejak 3 tahun terakhir. Tahun 2019 lalu kata dia, Perumda TM Kota Palopo memberikan deviden sekitar Rp500 juta dan tahun 2020 Rp600 juta lebih. “Ada peningkatan pemberian deviden ke pemkot,” jelas Tawakkal.

Pihaknya akan terus berupaya, bagaimana deviden setiap tahunnya ini terus meningkat. Berbagai upaya juga telah dilakukan.

“Banyak hal yang kita lakukan untuk meningkatkan laba. Mulai dari efisiensi anggaran, tentu dalam hal ini mengurangi biaya yang sebenarnya tidak perlu,” bebernya.

Padahal kata Tawakkal, tahun 2021 lalu merupakan tahun yang kondisi alamnya penuh dengan cuaca yang tidak bersahabat. Sering terjadi banjir
yang mengganggu bahan baku. Namun pihaknya terus berusaha bagaiman mengolah sistem.

Pendapatan Perumda TM Kota Palopo juga berasal dari barang-barang bekas yang dijual.

“Banyak barang bekas yang tinggal, itulah yang kami jual. Jadi sudah tidak ada lagi barang bekas yang tinggal di kantor. Kemudian kita juga maksimalkan penjualan air mobil tangki ke pelabuhan. Di mana sebulan diatas Rp10 juta. Ini semua yang menambah keuntungan perusahaan,” katanya lagi.

Upaya lain yang terus dilakukan ialah dengan penambahan sambungan baru untuk pelanggan.

“Makin banyak pelanggan, makin banyak air yang bisa kita jual. Tentu ini juga dipengaruhi dengan kondisi air yang bagus,” terang Tawakkal.

Saat ini, Perumda TM Kota Palopo memiliki jumlah pelanggan sebanyak 37 ribu. Pihaknya menargetkan, tahun depan sudah mencapai 40 ribu
pelanggan.

“Banyak perumahan baru, sisa yang kita pikir sekarang adalah tambah kapasitas jaringan,” tandasnya. (*)





















Pos terkait