Ratusan TKI di Negara Zona Merah Corona akan Pulang ke Sulsel, Gubernur : Kita Harus Hati-hati

  • Whatsapp
Nurdin Abdullah

MAKASSAR — Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia bakal pulang ke tanah air. Dari jumlah 161 TKI yang akan pulang, 113 diantaranya merupakan warga Sulsel.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menegaskan kepulangan TKI tersebut perlu disikapi secara hati-hati. Itu karena mereka berasal dari negara yang masuk zona merah virus corona. Nurdin menyebut TKI di Malaysia yang akan pulang ke daerahnya akan langsung berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Bacaan Lainnya

Dia meminta potensi penularan virus Corona (COVID-19) terhadap orang-orang yang tiba dari luar negeri harus diantisipasi. “Harus diantisipasi cepat. Mereka harus diisolasi terlebih dahulu, dan menjadi ODP,” terangnya Jumat (8/5/2020) dilansir dari detik.com.

“Kita harus hati-hati karena mereka dari Malaysia. Malaysia itu zona merah. Jangan sampai ada yang jadi carrier lagi,” kata Nurdin.

Diketahui, sebanyak 161 TKI dari Malaysia akan dipulangkan ke Indonesia melalui Nunukan, Kalimantan Utara. Sebanyak 113 di antaranya merupakan warga Sulawesi Selatan. Pemulangan para TKI ini diketahui setelah adanya surat dari Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid kepada Wali Kota Parepare Taufan Pawe pada 4 Mei 2020.

Dalam surat tersebut, Bupati Nunukan meminta kepada Wali Kota Parepare membantu kepulangan 113 warga Sulsel lewat Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, menggunakan kapal KM Thalia. Namun kedatangan para TKI ini masih menunggu informasi dari pihak Konsulat RI di Tawau, Malaysia. (*/asm)





Pos terkait