Rumah Karantina Terpusat Pasien Tanpa Gejala Covid-19 Lutra Diresmikan

  • Whatsapp
5

Luwu Utara — Kabupaten Luwu Utara kini memiliki Rumah Karantina Terpusat (RKT) Covid-19, khusus pasien tanpa gejala. Hal ini ditandai dengan diresmikannya pemanfaatan bangunan RKT oleh Pjs. Bupati Luwu Utara, Iqbal Suhaeb, Jumat (2/10/2020). RKT ini berlokasi di area Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Tanalili. RKT ini adalah asrama BLK yang setelah direhab difungsikan sebagai tempat karantina orang tanpa gejala Covid-19.

RKT Covid-19 Kecamatan Tanalili berjarak 30 km dari ibukota kabupaten Luwu Utara, Masamba. Awalnya, rencana menjadikan asrama BLK Tanalili sebagai pusat karantina pasien OTG Covid-19 menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Namun, atas upaya pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Indah Putri Indriani kala itu, niat menjadikan asrama BLK Tanalili sebagai tempat karantina terpusat kini bisa dipahami warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Pjs. Bupati Iqbal Suhaeb mengatakan, keberadaan RKT adalah wujud komitmen pemerintah daerah untuk selalu hadir memberikan pelayanan terbaik buat masyarakatnya. “Fasilitas RKT sudah cukup bagus dan lengkap. Nantinya pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala sudah bisa kita karantina mandiri di tempat ini,” kata Iqbal. Untuk itu, dia mengajak seluruh Perangkat Daerah untuk aktif dalam penanganan Covid-19 di tempat tersebut.

“Nanti bila ada pasien yang menjalani karantina di tempat ini agar pihak terkait memerhatikan standar gizi yang akan dikonsumsi dan perlu ada layanan psikososial untuk memberikan semangat kepada para pasien OTG, sehingga imun mereka tetap terjaga dan dapat segera membaik, dan setelah sembuh dari Covid-19, mereka bisa keluar dari RKT, tentu setelah melalui pemeriksaan ulang,” papar mantan Wali Kota Makassar ini.

Dengan diresmikannya RKT Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara, maka dia berharap jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 bisa terus ditekan. Bahkan bisa diturunkan dari waktu ke waktu sampai Luwu Utara kembali masuh zona hijau. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja bersama, baik itu jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, sehingga tempat ini dapat difungsikan sebagai tempat karantina terpusat,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lutra, Muslim Muhtar, mengatakan, di awal munculnya Covid-19, Pemda terus memberikan pelayanan terbaik kepada pasien Covid-19. “Dari awal pandemi, sebelum Ibu Indah cuti sebagai Bupati, kami terus melakukan upaya, baik itu sifatnya pencegahan maupun penanganan kepada pasien terkonfirmasi positif, termasuk mencari tempat karantina terpusat. Dan alhamdulillah hari ini dapat diresmikan pemanfaatannya oleh Pjs. Bupati Luwu Utara,” kata Muslim. (Vk/LH)























Pos terkait