Sebelum Ditetapkan DCT, KPU Palopo Verifikasi Data Caleg Nasdem

Foto bersama usai finalisasi pengisian dan verifikasi data calon anggota DPRD Palopo di Sekretariat Partai NasDem Jalan Benteng Raya, Rabu (1/11/2023).

PALOPO — KPU Palopo melakukan finalisasi pengisian dan verifikasi data calon anggota DPRD Palopo di Sekretariat Partai NasDem Jalan Benteng Raya, Rabu (1/11/2023).

Komisioner KPU Palopo diterima oleh Ketua DPD Partai NasDem Palopo, HM Judas Amir beserta Sekretaris, Umar dan caleg NasDem.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Palopo Divisi Teknis, Muhatzir mengatakan finalisasi ini merupakan bagian dari kroscek nama caleg sebelum diumumkan sebagai Daftar Caleg (DCT) pada tanggal 4 November 2023 mendatang.

“Kita roadshow sekaligus silaturrahmi. Kita kroscek nama-nama caleg dan gelarnya sebelum ditetapkan sebagai DCT. Karena untuk penulisan gelar ini ada perubahan dari Kemendikbud,” kata Muhatzir.

“Misalnya penulisan gelar sarjana hukum. Kemarin SH, sekarang penulisannya jadi S.H. sesuai keputusan Kemendikbud,” sambung Muhatzir.

KPU melakukan langkah ini kata dia untuk menghindari terjadinya sengketa di kemudian hari hanya karena persoalan nama pasca penetapan DCT tanggal 3 November 2023.

“Makanya kami turun. Kami semua (parpol) datangi meskipun ada juga parpol yang tidak berkenan dikunjungi tapi mereka minta datang sendiri ke KPU,” jelasnya.

Hal senada ditambahkan komisioner KPU Palopo Divisi Hukum, Hary Zulfikar.

“Saya siap membantu jika ada caleg yang komplain, itu bagian saya. Makanya saya minta teman-teman caleg untuk perhatikan data dan namanya,” jelasnya.

Zulfikar juga menegaskan kenetralan penyelenggara demi pemilu yang jujur dan adil.

“Kami jamin kenetralan penyelenggara mulai dari komisioner hingga ke tingkat KPPS. Kalau ada yang coba main-main, kita pasti berikan sanksi. Makanya kami harap kepada peserta pemilu dan masyarakat untuk segera melaporkan jika ada penyelenggara yang coba main-main,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Palopo, HM Judas Amir menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada KPU Palopo.

“Saya yakin KPU Palopo bisa berbuat yang terbaik,” tandasnya. (*)































Pos terkait