Sekda Buka Musrenbang Untuk Penyusunan RPJMD Luwu

  • Whatsapp
8

BELOPA — Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, H Sulaiman, membuka Musyawarah Penyusunan Perubahan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penusunan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Senin (01/03/2021).

Dalam sambutannya, Sulaiman mengatakan, selama masa pandemi ini, perekonomian dunai dan Indonesia diproyeksi mengalami perlambatan, resesi dan bahkan depresi ekonomi.

Bacaan Lainnya

“ Untuk itu, pemerintah berupaya mengagendakan normal baru agar dampak ekonomi akibat pandemi tidak menimbulkan krisis yang berpanjangan. Dengan rencana strategis yang semula telah ditetapkan, dan merevisi perencanaan pembangunan, sesuai rencanan pembangunan nasional, dimana target disesuaikan secara realistis, asumsi diubah menyesuaikan keadaan saat ini, dan prioritas program jangka pendek, sebagian besar dialihkan untuk mengatasi pandemi covid-19,” katanya.

Perubahan arah kebijakan nasional kata dia, tentunya berimbas kepada arah kebijakan di tiap-tiap daerah. Baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang harus menyesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan beberapa regulasi yang baru.

“ Regulasi baru yang dimaksud yaitu seperti pengelolaan keuangan, Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan peraturan lainnya yang dijadikan pedoman baik dalam proses perencanaan maupun penganggaran di daerah,” terangnya.

Musrembang dihadiri Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli, Sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Camat, serta Kasubag Perencanan pada masing-masing instansi itu mengangkat tema “ Melalui Musrembang Perubahan RPJMD kita Tingkatkan Sinegritas Pembangunan Daerah dalam Pemulihan Ekonomi dan Dampak Sosial Era Pandemi Covid-19. (fit)

Pos terkait