Sekolah di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo Lebih Cepat dan Mudah Jadi Pelaut

  • Whatsapp
Taruna SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo di dalam Lab Navigasi.
15

VIDEO MOMEN WISUDA TARUNA SMK PELAYARAN SAMUDERA NUSANTARA UTAMA PALOPO

PALOPO — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo merupakan sekolah pelaut pertama di Tana Luwu yang mendapat status approval dari Dirjen Perhubungan laut.

Bacaan Lainnya

Itu artinya, sekolah yang terletak di Jl Dr Ratulangi ini diizinkan menyelenggarakan ujian Kepelautan Tingkat IV (ANT-IV Dan ATT-IV). Ujian secara mandiri dan tak perlu lagi numpang di BP2IP Barombong sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu.

“Mau jadi pelaut tak perlu jauh-jauh sekolah. Tahun lalu kami sukses menggelar ujian paket dan Cadet Record Book (CRD ) untuk pertama kalinya setelah mendapat persetujuan dari Dirjen Perhubungan Laut,” kata ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong Sabtu (30/5/2020).

Ada dua jurusan yang bisa dipilih di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, yakni Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga. Kedua jurusan ini juga telah mencetak ribuan lulusan yang siap kerja sesuai standar IMO STCW Amandemen 2010.

‘Sarana dan prasarana yang ada di sekolah cukup lengkap, ditunjang dengan tenaga pendidik yang ahli di bidangnya. Ini juga yang menjadikan sekolah kami makin banyak peminatnya dari tahun ke tahun,” jelas Rustam yang juga Camat Wara Kota Palopo.

Di tengah pandemi covid-19, pihaknya juga tetap membuka pendaftaran untuk calon taruna secara online melalui website https://smkp-samudera-plp.sch.id. Untuk gelombang pertama pada 9 April – 29 Mei 2020 dan gelombang kedua 1 Juni -30 Juli 2020.

“Calon taruna yang daftar via online cukup membeludak. Nantinya kita masih seleksi sesuai kuota yang kita sediakan,” tandas Rustam.

Simak momen wisuda taruna SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo di atas.



Pos terkait