Selamat !!! Kontingen Tapak Suci Kutim Raih Juara Umum di Pencak Silat Borneo Championship

Kontingen Tapak Suci Kutim.

KUTIM – Prestasi membanggakan berhasil diukir kontingen tapak suci Kutai Timur (Kutim) pada Pencak Silat Borneo Championship di Samarinda. Mereka menunjukkan performa luar biasa saat menghadapi lawan-lawannya.

Kegiatan itu sendiri berlangsung selama dua hari pada 11-12 Mei 2024. Kontingen Kutim berhasil mendominasi semua kelas pertandingan dengan mengumpulkan total 87 medali dari empat kategori.

Bacaan Lainnya

Rincian medali mereka yakni 10 emas, 18 perak dan 18 perunggu dalam Kategori Usia Dini. Berikutnya 11 emas, 14 perak dan 10 perunggu dalam Kategori Pra Remaja.

Tak sampai disitu, mereka juga mengondol 1 emas dan 1 perak dalam Kategori Remaja, serta 1 emas dan 3 perunggu dalam Kategori Dewasa atau Mahasiswa.

Andi Agri, Ketua Kontingen Pencak Silat Tapak Suci Kutim, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. Dengan total medali tersebut, Kontingen Tapak Suci Kutim berhasil meraih gelar Juara Umum pertama pada Kategori Pra Remaja dan Juara Favorit II.

“Alhamdulillah pesilat Kutim tampil luar biasa. Semua ini berkat doa restu dan dukungan Pemerintah Kabupaten dan seluruh masyarakat Kutai Timur,” ujar Andi Agri Minggu (12/5/2024).

Jumlah pesilat Kutim yang ikut serta dalam Borneo Championship 2024 mencapai 70 orang, ditambah 10 orang official, sehingga total Kontingen Kutim berjumlah 80 orang.

Mereka berkompetisi selama dua hari di GOR 27 September, Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, untuk memperebutkan Piala Kemenpora.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Basuki Isnawan, mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Kontingen Tapak Suci Kutim di kompetisi tersebut.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan sangat mengharumkan nama Kabupaten Kutim. Semoga ini menjadi motivasi bagi perguruan silat lainnya untuk mengikuti jejak prestasi yang ditorehkan pesilat dari Tapak Suci,” ujar Basuki.

Basuki menambahkan prestasi ini merupakan hasil dari doa dan dukungan semua pihak di Kabupaten Kutim. Basuki berharap agar prestasi ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan di level yang lebih tinggi di masa depan.

Sebagai mantan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Kabupaten, Basuki menegaskan keinginannya untuk memajukan bidang olahraga di daerah tersebut.

Oleh karena itu, dia mengajak semua elemen yang terlibat dalam dunia olahraga untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi yang dipimpinnya agar sinergi dan kolaborasi dalam memajukan olahraga dapat terus ditingkatkan.

Sebelumnya, Basuki melepas kontingen tapak suci Kutim untuk mengikuti kejuaraan itu, Kamis (9/5/2024) di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Sangatta Utara. (adv)



Pos terkait