Selesaikan Program Kampus Mengajar, UNCP Palopo Sambut 19 Mahasiswa

  • Whatsapp

PALOPO – Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) telah menyelesaikan program kampus mengajar angkatan pertama. Sebanyak 19 mahasiswa mengikuti program tersebut.

Mereka kemudian disambut di Aula E Kampus 1 UNCP, Kamis (8/7/2021). Program Kampus Merdeka memberikan mahasiswa pengalaman di luar kampus sejak tanggal 22 Maret-25 Juni. Selama program Kampus Mengajar mahasiswa di dampingi dua dosen pembimbing yaitu, Dr. Marlina Bakri, dan Rahmawati Upa.

Bacaan Lainnya

Rektor UNCP Dr. Ma’rufi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan Program Kampus Mengajar Angkatan I. Kampus memberikan apresiasi dan penghargaan atas terpilihnya mahasiswa dalam program tersebut.

“Ananda adalah mahasiswa pilihan Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Dr Ma’rufi.

Sementara itu, Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNCP, Dr. Muhammad Ikram, mengatakan Program Kampus Mengajar memberikan dampak positif dalam mendukung Perguruan Tinggi untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan mahasiswa memperoleh bantuan potongan UKT, bantuan biaya hidup, dan konversi SKS sampai dengan 12 SKS.

Dampak positif dirasakan mahasiswa yang ikut program tersebut. Muhammad Yuda Afrilianto mahasiswa semester 6 prodi PPKn UNCP mengatakan pengalaman yang mereka dapatkan sangat berharga, sebab mengikuti program Kampus Mengajar dapat berkontribusi membantu pembelajaran pada Sekolah Dasar di masa pandemi.

“Program Kampus mengajar memberikan tantangan bagi mahasiswa dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sejak dini. Program ini memberikan kami pengalaman berharga dan dapat kami aplikasikan jika telah lulus kuliah,” kata Yuda.

Kampus Mengajar merupakan terobosan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kerangka program Kampus Merdeka dengan tujuan. Pertama, membantu pembelajaran jenjang Sekolah Dasar di daerah 3T.

Kedua, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Penyelenggaraan program ini sendiri adalah atas dukungan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). (rls)







Pos terkait