Serentak Se-Indonesia, Pemkab Luwu Gelar Gerakan Pangan Murah Di Kecamatan Suli

Sekretaris Daerah (sekda) Luwu, Sulaiman, saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Gerakan Pasar Murah di lapangan sepakbola Puang Bungku, Kelurahan Lindajang, Kecamatan Suli, Rabu (06/03/2024).

LUWU- Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dipusatkan di lapangan sepakbola Puang Bungku di Kelurahan Lindajang, Kecamatan Suli Barat, Rabu (06/03/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, Sulaiman yang secara resmi membuka kegiatan itu mengatakan, gerakan pangan murah ini dilaksnakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk pengendalian inflasi jelang hari besar keagamaan atau HBKN Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024,” katanya.

Selain itu, lanjut Sulaiman, GPM ini juga merupakan tindaklanjut dari arahan Kepala Badan Pangan Nasional tentang penyelenggaraan apel siaga pengamanan HBKN puasa dan idul fitri 2024.

“Gerakan pangan murah ini diselenggarakan serentak secara nasional yang dimulai hari ini di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota temaksud di kabupaten Luwu,” ungkapnya.

Selain di Kelurahan Lindajang Kecamatan Suli Barat, kata Sulaiman, GPM juga akan dilaksanakan di Kecamatan Walenrang pada hari Kamis tanggal 7 Maret 2024 besok.

“Jadi pada kegiatan GPM Serentak kali ini, Kabupaten Luwu diwakili oleh dua kecamatan, yakni Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Walenrang. Atas terlaksananya kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pemerintah Kecamatan Suli Barat, TNI-Polri yang turut mendukung kelancaran kegiatan GPM Serentak,” ucapnya.

Menghadapi terjadinya lonjakan harga pangan menjelang bulan suci Ramadhan, pemerintah Kabupaten Luwu melakukan berbagai upaya untuk menekan harga pangan sehingga masyarakat bisa tenang beribadah dan menjalankan kewajiban berpuasa.

“Kita bersyukur karena kolaborasi pemerintah daerah beserta TNI-Polri dan seluruh masyarakat mampu menekan laju inflasi sehingga kita berada pada posisi aman terkendali dan semoga Gerakan Pangan Murah serentak ini masyarakat bisa belanja kebutuhan pangan dengan harga dibawah standar dan bisa menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati gembira,” tutur Sekda Luwu.

Sulaiman juga mengungkapkan akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar pelaksanaan Gerakan Pangan Murah dapat kembali dilaksanakan pada pertengahan Ramadhan atau pada akhir Ramadhan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 hijriah.

Untuk diketahui pelaksanaan GPM ini merupakan tindak lanjut surat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor : 501/3068/Disketapang tanggal 29 Februari 2024, perihal Pelaksanaan Kegiatan Apel Siaga dan Gerakan Pangan Murah Jelang HBKN Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024. (rls/fit)



Pos terkait