Solusi Over Kapasitas Siswa, Pemkab Kutim Bakal Bangun 4 SD Baru

Ilustrasi siswa SD.

RITMEE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur bakal membangun 4 sekolah dasar (SD) untuk menangani over kapasitas murid di Kabupaten Kutai Timur.

Pemkab Kutai Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim tengah merencanakan pembangunan sekolah baru untuk jenjang SD.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono mengatakan pihaknya akan membangun 4 SD baru yang di kecamatan Kabupaten Kutai Timur.

“Ada (pembangunan SD) yang pertama di Jalan Mujur Jaya ada SD 14 dan 15 Sangatta Utara yang masih tergabung,” ungkapnya, beberapa waktu lalu

Lanjutnya, yang kedua SDN 09 Rantau Pulung di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Rantau Pulung. Dimana, di kecamatan tersebut awalnya ada 8 desa, sekarang bertambah menjadi 9 desa sehingga dibentuk SD baru untuk menampung anak didik di Desa Mukti Jaya.

Adapun 2 SD lainnya akan dibangun pada tahun ini diantaranya di Kecamatan Bengalon dan di Jalan Dayung, Sangatta Utara.

Sedangkan untuk pembangunan gedung SMP baru, dirinya masih mewacanakan.

“Kalau SMP ini sedang membangun SMP N 06 Sangatta Utara, rencana akan kita bangun paling bagus karena paling dekat dengan pemerintahan dan akan dijadikan sekolah percontohan,” jelasnya.

Tak hanya itu, untuk di Kecamatan Sangatta Selatan juga akan diwacanakan ditambah gedung SMP baru. Namun masih dalam tahap pencarian lahan.

“Untuk tenaga pendidik tidak ada masalah, karena guru yang honor itu bisa dibayar (gaji) melalui BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah), jadi bukan sesuatu yang sulit untuk itu (pengadaan guru) dan sarjana pendidikan juga cukup banyaak yang belum dapat pekerjaan,” pungkasnya. (adv/asm)































Pos terkait