Spesial Hari Ibu, Bupati Lutra Ajak Perempuan Terlibat Dalam Pembangunan

  • Whatsapp
59

LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri , didaulat menjadi salah satu pembicara pada Webinar Spesial Hari Ibu yang di selenggarakan salah satu TV swasta, Selasa (22/12/2020). Webinar yang bertema “Perempuan Bergerak, Mengubah Kehidupan Sosial” tersebut dihadiri pula sejumlah Narasumber perempuan yang menginspirasi di berbagai bidang.

Dalam Webiner tersebut, Indah Putri Indriani menyebutkan bahwa keberadaan perempuan dalam struktur sosial bersama kaum laki-laki memiliki peranan yang sangat strategis dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

“Perempuan tidak bisa dilihat secara kuantitas. Apalagi melihat kuantitas antara perempuan dan laki-laki, jumlahnya hampir sama. Olehnya itu, saya mengajak kaum perempuan mengambil peran dan terlibat dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan,” papar Indah yang kembali terpilih sebagai Bupati pada Pilkada Serentak kemarin.

Ia menambahkan, di masa pandemi, ada beberapa sektor perempuan punya peran sangat signifikan, di antaranya sektor pendidikan. Bagaimana seorang ibu harus menjadi guru buat anaknya ketika melakukan pembelajaran daring.

“Di sektor ekonomi, perempuan juga mengalami tantangan, khusunya ibu rumah tangga yang tetap bisa mengambil peran, meskipun tetap harus di rumah melalui geliat UMKM,” papar dia.

Lanjut ia menyebutkan, di sektor kesehatan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada 70 persen tenaga kesehatan berasal dari kaum perempuan. Mereka ini, menjadi barisan terdepan dalam penangan Covid-19.

“Kaum perempuan harus bisa menjadi orang yang terdepan mengajak dan menyosialisasikan kepada masyarakat dalam upaya penegakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Melihat peranan perempuan dalam berbagai sektor, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menyebutkan bahwa peranan perempuan sangat penting dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan yang tentunya tidak dapat dipisahkan atau dinegasikan, bahkan tidak dapat pula diabaikan bahwa keberadaan perempuan memang sangat strategis dalam pembangunan kehidupan sosial kemasyarakatan,” pungkasnya. (hms)

Pos terkait