SYL Diberi Gelar Profesor Kehormatan, Gelar Pertama dari Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Orasi ilmiah Syahrul Yasin Limpo di Universitas Hasanuddin, Kamis (17/03/2022).

MAKASSAR — Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendapat gelar kehormatan Profesor Kehormtan dari Universitas Hasanuddin, Kamis (17/03/2022). Ketua Dewan Profesor Unhas, Profesor Mursalim mengungkapkan, ini yang pertama di Indonesia.

“Di seluruh Indonesia baru pertama kali Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum yang beri pangkat kehormatan profesor. Baru kali ini,” katanya, Rabu, 16 Maret 2022.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan pemberian pangkat profesor kehormatan ke Syahrul sudah sesuai dengan Permendikbud nomor 38 tahun 2021. Disitu acuannya jelas, termasuk syarat yang harus dipenuhi oleh calon profesor.

Salah satunya adalah memiliki pengetahuan Tacit dan Eksplisit. Artinya, calon profesor ini tidak hanya punya pengalaman tapi juga punya hasil karya yang dipublikasikan dan diimplementasikan.

“Jadi di aturan itu Rektor boleh mengangkat guru besar dan mendapat pertimbangan dari senat akademik. Jadi siapa saja yang mengajukan diri asal dianggap punya pengetahuan tacit dan eksplisit dari tim ahli yang menilai,” tegasnya.

Syahrul juga berhak memasang nama pangkat Profesor di depan namanya. Hanya saja ada aturannya.

Syaratnya adalah Syahrul wajib mencantumkan nama universitas yang memberinya pangkat. Beda dengan profesor reguler, yang cukup kata prof saja.

“Kalau profesor kehormatan harus dalam kurung perguruan tinggi yang berikan. Jadi kalau kayak syahrul, Prof (Unhas) Syahrul Yasin Limpo,” tandasnya. Diketahui, Syahrul atau akrab disapa Komandan punya segudang pengalaman di pemerintahan.

Di awali saat menjadi kepala desa di Gowa, camat kemudian menjadi Bupati Gowa. SYL kemudian menjadi Wakil Gubernur Sulsel. Setelah itu, SYL terpilih sebagai Gubernur Sulsel dua periode melalui pemilihan langsung. Setelah gubernur, Syahrul terpilih menjadi Menteri Pertanian. (*/adn)

Pos terkait