Tambang Emas PT Bastem Indonesia Baru Tahap Sosialisasi di Luwu, Garansi Takkan Rugikan Masyarakat

  • Whatsapp
5

BELOPA — PT Bastem Indonesia (BI) merupakan tambang emas yang rencananya akan melakukan penambangan di dua kecamatan di kabupaten Luwu.

Dua kecamatan tersebut yakni kBastem utara dan Bua. Kepala Teknik Tambang PT. Bastem Indonesia, Idris mengatakan penambangan akan dilakukan dua kecamatan dan empat desa dengan luas 4.166 Ha.

“ Dua minggu yang lalu kami telah mengadakan pertemuan dengan warga setempat di Kantor Kecamatan Bua untuk mensosialisasikan terkait study Amdal PT BI,” katanya Jumat (25/12/2020).

Idris mengatakan, terkait dampak lingkungan dan lahan warga yang kemungkinan akan masuk dalam lokasi ekplorasi, perusahaan akan mensosialisasikannya lebih detail.

“ Kami baru pengambilan sampel sebagai bahan study terkait dampak seperti apa yang akan terjadi. Mulai dari lahan milik warga yang nanti akan masuk dalam lokasi ekplorasi, dampak lingkungan, serta mensosialisasikan solusi seperti apa yang akan diambil oleh perusahan untuk kepetingan masyarakat. Yang jelas masyarakat takkan dirugikan,” terangnya.

Idris juga mengungkapkan aktivitas penambangan, perusahaan akan menambang dengan mengikuti kaidah tata kelola pertambangan yang baik sesuai peraturan yang berlaku.

Diharapkan bisa memberikan maanfaat tidak hanya untuk kemajuan perusahaan, tapi lebih ke masyarakat setempat, sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Luwu.

Warga berharap kehadiran tambang emas di daerahnya memprioritaskan warga lokal. Tak kalah pentingnya perusahaan harus memperhatikan dampak bagi lingkungan. Tidak menambang dengan sembarangan, apalagi mencemari lingkungan.

Pos terkait