Terbongkar, Eks Atlet Putri Indonesia Ternyata Berjenis Kelamin Laki-laki

  • Whatsapp
8

JAKARTA — Mantan timnas voli putri Indonesia, Aprilia Manganang, mendadak menjadi pembicaraan publik. Pasalnya, hasil pemeriksaan medis menunjukkan ia berjenis kelamin laki-laki.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa saat menggelar konfrensi pers, Selasa (9/3/2021). Aprilia memiliki kelainan yang disebut hipospadia. Terbongkarnya, jenis kelamin Aprilia, setelah ia mengundurkan diri sebagai atlet voli.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Aprilia saat ini mengabdi di TNI AD dengan pangkat sersan dua (Serda). Ia kini tengah menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Jakarta. Jika Aprilia sudah pulih dari operasi kedua maka ia akan masuk ke kembali ke jajaran TNI AD menjadi Bintara di komunitas ajudan jenderal.

“Dengan kondisi ini maka saya dengan staf akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas. Kemungkinan besar kita akan tempatkan pilihannya di Perbekalan dan Angkutan, atau bahkan di Kesehatan tergantung passion-nya Manganang ini lebih besar di mana,” kata Jenderal Andika.

Aprilia Manganang lahir pada 27 April 1992 di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Indonesia. Aprilia lahir di keluarga yang sederhana. Ketika lahir, Aprilia pun diketahui menderia hipospadias.

Karena lahir di keluarga yang pada saat itu memiliki kendala ekonomi, Aprilia lantas tidak bisa menangani kondisinya dan menerima keadaan yang ada. Akhirnya ia pun dianggap perempuan, termasuk urusan administrasi kependudukan.

Singkat cerita, Aprilia bersama sang kakak Amasya Manganang, sering bermain voli bersama sejak SMP. Pada akhirnya Aprilia pun memulai karier di dunia voli putri bersama Alco Bandung. Berkat tubuhnya yang lebih kekar ketimbang perempuan lain membuat Aprilia semakin tak terbendung.

Perlahan tapi pasti Aprilia semakin terkenal di dunia voli. Ia pun banyak diincar banyak klub. Alhasil, selama berkarier, Aprilia pernah mencicipi berbagai tim di voli Tanah Air.

Sebut saja seperti Jakarta BNI 46, Manokwari Valeria, PGN Popsivo Polwan dan nama Aprilia semakin melambung tinggi saat bersama Jakarta Eletrik PLN. Tak hanya di Tanah Air, Aprilia juga pernah berjuang di luar negeri, tepatnya di klub volo Generali Supreme Chonburu E-Tech yang bermain di Thailand. Beberapa kali dia sempat diprotes negara lain saat bertanding untuk Indonesia. Itu karena tubuhnya yang tampak kekar.

Hipospadia adalah adalah cacat lahir yang dialami anak laki-laki. Pada orang dengan hipospadia, lubang uretra atau saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh tidak terletak di ujung penis.

Hingga saat ini penyebab hipospadia pada kebanyakan bayi tidak diketahui. Hipotesis sementara, gen faktor lain seperti bersentuhan dengan ibu di dalam rahim, makanan, atau obat-obatan diduga dapat menyebabkan hipospadia. (*/adn)

Pos terkait