Tingkatkan Kemampuan SAR, Personel Brimob Baebunta Latihan di Hutan

Personel Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan saat latihan SAR di hutan Lutra, Rabu (11/05/2022). (Ft/PPID Yon D Pelopor Brimob Polda Sulsel).

MASAMBA—Untuk meningkatkan kompetensi, menambah wawasan, integritas, pengetahuan, meningkatkan moralitas dan keterampilan serta keahlian yang sudah dimiliki, Personel Batalon D Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsawesi Selatan melaksanakan latihan pemeliharaan dan peningkatan kemampuan Search And Rescue (SAR).

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto melalui Komandan Batalyon (Danyon) D Pelopor Kompol Muhammad Agus mengatakan, selain meningkatkan kemampuan SAR, latihan ini juga diharapkan akan melahirkan sumber daya manusia yang bermutu dan lebih berkualitas dari yang sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Dalam melaksanakan tugas kemanusiaan khususnya penanggulangan bencana alam, tentu personel atau tim SAR brimob khususnya di Yon D Pelopor, akan dihadapkan dengan situasi yang cukup sulit, yang memerlukan tanggung jawab moral dan sosial yang tinggi,” katanya, Rabu (11/05/2022).

Bukan hanya kemampuan, tapi dedikasi dan jiwa kemanusiaan tinggi juga diperlukan, sebagaimana motto pengabdian korps brimob yaitu “jiwa ragaku demi kemanusiaan” masyarakat tentunya akan selalu punya harapan tinggi kepada personil korps brimob sebagai pelindung dan pelayan dalam hal penanggulangan bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah NKRI dan Khususnya wilayah back up Batalyon D Pelopor.

“Semuanya itu dapat dilaksanakan maksimal dengan terus dan tentunya dengan latihan di medan yang sesungguhnya, seperti menyisir bantaran sungai beberbatu yang ada di hutan,” ucap Muhammad Agus.

“Pelatihan SAR yang diberikan untuk meningkatkan kemapuan personel brimob Baebunta yaitu keterampilan pioner, kemampuan navigasi, high angle evacuation dan mountenering, kemampuan survival serta keslap,” terangnya. (fit)

Pos terkait