Tingkatkan SDM Pencari Kerja, Upaya Pemkab Kutai Timur Tekan Angka Pengangguran

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kutai Timur, Sudirman Latif.

RITMEE – Pemerintah Daerah Kutai Timur (Kutim) terus berupaya untuk menekan angka pengangguran yang ada di Kutim.

Melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemkab Kutim berusaha meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) Kutim. Salah satunya dengan melakukan pelatihan kerja kepada para pencari kerja.

Bacaan Lainnya

“Kualitas SDM kita itu tahun ini luar biasa. Untuk meningkatkan itu, diperlukan juga mitra Disnaker untuk memberikan pelatihan kerja kepada pencari kerja,” kata Kepala Dinas Disnaker Kutim, Sudirman Latif.

“Apalagi dengan jurusan-jurusan yang tidak ada, disitulah kemudian kita kerjasamakan dengan mitra-mitra kita, termasuk salah satunya adalah lembaga pelatihan periksa edukasi mandiri. Disitu ada pelatihan security, pelatihan mekanik, alat berat, operator, alat berat,” sambung Sudirman Latif.

Dalam peningkatan SDM itu, Sudirman Latif mengaku telah bekerja sama dengan berbagai lembaga dan institusi yang erat kaitannya dengan pelatihan tenaga kerja.

“Selain itu ya sudah ada beberapa ya yang sebenarnya dari tahun lalu ada beberapa ya kami tinggal tindaklanjuti dengan lembaga pelatihan kerja. Misalnya untuk tata rias yang sudah sampai ke Kecamatan itu juga kita kerja samakan,” ungkap Sudirman Latif.

Dia mengungkapkan dengan lembaga pelatihan yang khusus membidangi beberapa jurusan, pihaknya berusaha mencapai target serapan tenaga kerja.

“Kata kuncinya kan ada di pengembangan SDM, jadi porsinya itu akan bisa tertutupi kalau tenaga kerja kita siap dengan kualitas sumber daya. Kita akan berusaha mencapai target yang diberikan,” ungkapnya.

“Pasca pelatihan di BLK langsung uji sertifikasi. Uji sertifikasi termasuk yang ada di mitra kita ya. Mitra kita tahun ini juga ada ya pelatihan welder, pelatihan mekanik alat berat,” tandasnya. (adv/cha)































Pos terkait